Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cegah Pelanggaran Hukum di Pulau, Intel Kejari Lingga Bentuk Agen Intelijen
Oleh : Nur Jali
Kamis | 22-09-2016 | 17:26 WIB
foto-bersama-kajari.gif Honda-Batam

Kasi Intel Kejari Lingga, Evan Apturedi (kiri) bersama mantan Kajari Lingga, Nanang Gunaryanto (Foto: Nur Jali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Lingga, akan membuat terobosan baru untuk mengatasi persoalan intelijen di Kabupaten Lingga yang terdiri dari ratusan pulau-pulau kecil yang harus ditempuh melalui jalur laut.

Kasi Intel Kajari Lingga, Evan Apturedi mengatakan, untuk menjawab persoalan tersebut dirinya akan membuat Agen Intelijen yang melibatkan stakholder di setiap pelosok Kabupaten Lingga, salah satunya adalah Kepala Desa.

"Ini bukan agen di film-film tapi mereka ini agen informasi," kata Evan Apturedi Kajari Lingga, Kamis (22/9/16).

Salah satu pertimbangannya membuat terobosan tersebut adalah untuk mengatasi persoalan di Kabupaten Lingga. "Lingga ada 600 ratusan pulau lebih, dan 90-an lebih yang berpenghuni," ujarnya,

Dengan luas lautan yang cukup luas di daerah Kabupaten Lingga ini, tentunya membutuhkan personil, waktu dan biaya yang mumpuni juga, untuk mengetahui berbagai informasi di setiap pelosok di Kabupaten Lingga ini. Sementara tugas bagian intel di kejaksaan sendiri diwajibkan untuk mengetahui semua informasi peristiwa yang ada di wilayah kerjanya.

"Kami di Intelijen sendiri hanya ada dua orang, nah inilah yang akan dipecahkan," katanya.

Langkah awal yang dilakukannya untuk merealisasikan program Agen Intelijen tersebut yaitu dengan menggalang kepala desa untuk menjadi bagian dari Agen Intelijen ini. " Jadi nanti semua kejadian di desa-desa seperti tindak kriminal dan lainnya bisa kita himpun," sebutnya.

Tujuan dari Agen Intelijen ini sendiri untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban yang ada di Kabupaten Lingga. " Informasi dari agen ini akan kita teruskan ke pimpinan, agar dapat dilakukan tindakan pencegahan," jelasnya.

Pandangannya sendiri tentang keamanan di Kabupaten Lingga sendiri, tindak kejahatan yang kerap kali terjadi mulai dari penyelundupan melalui pulau-pulau kecil dan berbagai pelanggaran hukum lainnya.

Kenapa kepala desa?, menurutnya hal ini termasuk dalam pencegahan juga. " Dengan ini kepala desa akan merasa terbantu juga, karena kita juga akan memberikan pembinaan berbagai persoalan di desa," sebutnya.

Intelijen di kejaksaan sendiri lebih berbentuk yustisial atau intelijen yang lebih kepada penegakan hukum.

Editor: Udin