Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dana UKM Rp2 Miliar Belum Bergulir
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Rabu | 14-09-2011 | 10:48 WIB
ukm.jpg Honda-Batam

Ilustrasi jenis usaha kecil dan menengah.

BATAM, batamtoday - Sebesar Rp2 miliar dana untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) hingga bulan September 2011 yang masih belum digulirkan dengan alasan pola pengelolaan dana pinjaman yang masih pembahasan padahal sudah terdapat 120 pengajuan permohonan dari bulan Januari 2011.

"Untuk tahun 2010 ada sebesar Rp1,5 miliar yang digulirkan kepada UKM. Sedangkan tahun 2011 dianggarkan sebesar Rp2 miliar, namun satu rupiahpun belum digulirkan," ujar Kepala UPT Pengelolaan Dana Bergulir Dinas Koperasi dan UKM Kota Batam, Padlinsono, Selasa (13/9/2011) kemarin.

Padlinsono menjelaskan dari total dana yang bergulir untuk memajukan usaha mikro ini, untuk pengembalianya terbilang lancar.

"Pengembalian sejauh ini baik-baik saja," ujarnya tanpa memberikan data konkrit jumlah pengembalian hingga saat ini.

Sedangkan untuk pengembaliannya, sistem yang digunakan ada dua cara yakni pengembalian melalui bank dan atau bisa langsung melalui UPT Pengelolaan Dana Bergulir. Namun, pengembalian sejauh ini para pemimjam lebih banyak kepada UPT Dinas Koperasi dan UKM.

"Lebih banyak yang mengembalikan melalui kita (UPT-red), tapi untuk persentasenya kurang tahu pasti," ujarnya.

Peminjaman, lanjut Padlinsono jumlahnya beragam, untuk tahun 2010 yang lalu maksimal Rp30 juta dan minimal Rp5 juta. Tahun ini, ada peningkatan menjadi maksimal Rp50 juta dan minimal Rp5 juta.