Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gubernur Kepri Usulkan Karimun Masuk Zona KEK seperti Batam
Oleh : Charles Sitompul
Sabtu | 20-08-2016 | 09:58 WIB
nurdindanmenko.jpg Honda-Batam

Gubernur Nurdin saat mengitu rapat Dewan Kawasan PBPB Batam yang dipimpin Menko Perekonomian Darmin Nasution di Ruang Mahakam, Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (18/8/2016). (Foto: Humas Pemprov Kepri)

‎BATAMTODAY.COM, Jakarta - Gubernur Kepri H Nurdin Basirun mengajukan pengembangan kawasan pelabuhan dan perdagangan bebas seperti Batam diperluas ke Kawasan Free Trade Zone (FTZ) Bintan dan Karimum.

Pengajuan itu disampaikan Nurdin dalam rapat Dewan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (DK-PBPB) Batam di Kantor Kemenko Perekonomian di Jakarta, Kamis (18/8/2016).

"Pengembangan, Bintan dan Karimun juga diharapkan dapat menjadi Kawasan Ekonomi Khusus seperti Batam, yang dapat meningkatkan pertumbuhan investasi, dan ekonomi, hingga berdampak pada kesejahteraan rakyat," ujar Nurdin.

Rapat DK-PBPB Batam ini juga dihadiri Menkumham Yasonna Laoly, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Jalil, Kepala BKPM Thomas Lembong, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak, dan Wakil Wali Kota Batam Amsakar Ahmad.

Dalam kesempatan itu, Nurdin secara Khusus juga menyampaikan dokumen rencana pengembangan KEK Karimun, termasuk sejumlah pulau yang diusulkan, seperti Pulau Durian Kecil, Pulau Asam, Pulau Parit, Pulau Lumut, Pulau Mudu, Pulau Kundur dan Pulau Papan.

"Selain Batam, kita juga menginginkan daerah-daerag lain di Kepri, seperti Bintan dan Karimun, dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, dan saling dukung satu sama lain. Dan Setiap kebijakan yang dihasilkan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Nurdin.

Sebab, tambah mantan Bupati Karimun ini, dengan perubahan kawasan kawasan di Kepri, akan ada peningkatan investasi, yang tentunya mendorong dengan cepat realisasi pertumbuhan ekonomi.

Dalam pertemuan itu, Dewan Kawasan PBPB Batam, juga menjelaskaan rumusan progres dan Program pengembangan Kawasan PBPB Batam, hingga Kawasan Industeri Pulau Batam akan semakin memiliki daya tarik dan daya saing dengan sejumlah keunggulan.

"Selain membicarakn program dan Progress Kawasan Batam, kita juga mengarapkan DK-BPBP Batam Pusat ‎dapat mengembangakan Kawasan FTZ Bintan dan Karimun," ungkapnya.

Editor: Dardani