Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

450 Personel TNI-Polri Ikuti Napak Tilas Peresmian SPN Polda Kepri
Oleh : Hadli
Senin | 01-08-2016 | 13:42 WIB
napak-tilas-spn.jpg Honda-Batam

Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Budigusdian melepas 450 pasukan Napak Tilas SPN Polda Kepri di Mapolda Kepri, Nongsa. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Polda Kepri menggelar napak tilas dalam peresmian gedung SPN Polda Kepri di Kundur, Kabupaten Karimun pada Sabtu (30/7/2016) malam pukul 21.30 WIB.

 

Napak tilas mengenang perjuangan para pahlawan yang berpusat di gedung SPN Polda Kepri di Kundur Tanjung Batu ini melibatkan 450 personel gabungan TNI-Polri dengan rute sejauh 60 kilometer, terdiri 300 personel Polri dan 150 TNI dari Raider dan Marinir melalui perjalanan darat dan laut dengan cara 5 estafet.

Pasukan bergerak dari Lapangan Upacara Polda Kepulauan Riau menuju Mako Dit Polair Polda Kepri Sekupang. Setelah itu dilanjutkan perjalanan laut menuju Pulau Kundur Utara serta perjalanan darat kembali melalui Sungai Ungar di Tanjung Batu dan berakhir di SPN Polda Kepulauan Riau Tanjung Batu.

"Napak tilas yang dilaksanakan bersama TNI merupakan momen bersejarah," kata Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Budigusdian bersama Danlanal Batam, Dan Yonif Infanteri 136 Raider, Dan Batalyon 10 Marinir Setoko Batam usai memimpin Upacara Pemberangkatan Peleton Beranting dengan simbolis pelepasan pantola atau panji kebesaran SPN di Lapangan Mapolda Kepri.

Sam mengatakan, kegiatan napak tilas ini bertujuan untuk menanamkan dan menumbuhkan semangat Tribrata dan Catur Prasetya dalam Sanubari kepada seluruh unsur TNI-Polri dan siswa Polri yang menjalani pendidikan di SPN Polda Kepri.

"Semangat yang terdapat dalam cerita sejarah ini, diharapkannya mampu menularkan kepada calon-calon Bhayangkara muda yang nantinya akan mengikuti pendidikan pembentukan di SPN Polda Kepulauan Riau," ujar jenderal polisi bintang satu ini.

Mengulas sejarah, tambah Sam, bahwa bangunan SPN saat ini sejarahnya merupakan milik Kesatuan Mobile Brigade (Mobrig). Mobrig dalam masa itu aktif dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia termasuk wilayah Kepulauan Riau, kemudian adanya likuidasi terhadap kekuatan personel Resimen Brimob, maka Mako Brimob yang ada di Tanjung Batu dialihfungsikan menjadi Mako Dit Polair Polda Riau.

"Selanjutnya pada tahun 2014, Dit Polair Polda Riau dipindakan ke Kabupaten Siak, Riau dan Mako tersebut diserahkan kepada Polda Kepulauan Riau dan mengikuti arahan pimpinan Mako tersebut dijadikan sebagai SPN Polda Kepulauan Riau T.A 2016," papar Sam.

Editor: Dodo