Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lingga Ajak Bintan Bersinergi Bangun Sektor Kelautan dan Perikanan
Oleh : CR7
Senin | 01-08-2016 | 11:38 WIB
alias-wello-dilantik.jpg Honda-Batam

Bupati Lingga Alias wello (Foto: dok batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Diyakini cukup menguntungkan bagi kedua daerah dengan memiliki sedikitnya 60 persen luas perairan di Provinsi Kepri, Pemerintah Kabupaten Lingga mengajak Kabupaten Bintan untuk bersinergi dalam membangun sektor kelautan dan perikanan di wilayah perairan kedua kabupaten tersebut.

Menurut Alias Wello, Bupati Lingga, rencana sinergitas itu sudah pun ia dudukkan bersama Kepala Daerah Bintan.

Dia mengatakan, rencana kerja sama ini cukup disambut baik oleh Bupati Bintan, Apri Sujadi. Dan dalam waktu dekat ini keduanya akan mencoba meminta restu Gubernur Kepri.

"Kami akan sama-sama mendudukkan hal ini dengan Gubernur Kepri," kata Bupati yang akrab disapa Bang Awe tersebut.

Awe menjelaskan, saat ini ketersediaan sarana di sektor perikanan kedua provinsi penguasa perairan sebelah Barat dan Selatan Kepri itu, sangat terbatas. Sehingga menyulitkan keduanya untuk berkembang.

Padahal, Lingga maupun Bintan, adalah dua daerah yang sama-sama memiliki misi membesarkan potensi kelautan daerah menjadi maju dan berkembang.

"Kalau perairan Bintan itu, luasnya sampai ke Pulau Tambelan. Sedangkan Lingga luasnya sampai ke perairan Pekajang, batas paling Barat itu laut Kalimantan Barat, dan Selatannya Babel. Jadi, sangat luas sekali," tuturnya.

Bahkan, lanjutnya lagi, keunggulan perairan Lingga dan Bintan sudah diakui para ahli di Universitas Sriwijaya (Unsri) Sumatera Selatan.

"Para ahli di Unsri memuji besarnya potensi laut kita ini. Tapi sejauh ini kita belum mampu mengoptimalkan," ungkap Awe.

Terkait besarnya perhatian Pemerintah Pusat terhadap perairan Kabupaten Natuna, sampai-sampai direncanakan akan dibangun menjadi salah satu daerah maritim terbesar di Indonesia, membuat Awe sedikit khawatir.

Kekhawatirannya itu, karena bisa saja Pemerintah Pusat dan Provinsi menomor-duakan 60 persen laut Kepri di sebelah Barat dan Selatan, sangking fokusnya kepada perairan sebelah Utara Natuna tersebut.

Untuk itu, salah satu keuntungan sinergitas antara Bintan dan Lingga, akan dapat membesarkan porsi pembangunan kawasan maritim sebelah Barat dan Selatan laut Kepri. Di mana nantinya kedua daerah ini tidak terlalu tertinggal jauh dengan Kabupaten Natuna di sektor kelautannya.

Editor: Udin