Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

WFQR 4 Lantamal IV, Hantu bagi Penjahat di Perairan Kepri
Oleh : Harjo
Senin | 01-08-2016 | 09:55 WIB
kunker_3.jpg Honda-Batam

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IV (Danlantamal IV) Laksamana Pertama TNI S. Irawan, S.E. saat akan bertatap muka dengan jajaran Lanal DBS yang dilaksanakan di Aula Yos Sudarso Mako Lanal DBS, Dabo Singkep. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Perairan Kepulauan Riau (Kepri) khususnya selat Malaka, merupakan jalur pelayaran terpadat kedua di dunia. Sehingga, banyak mengundang tindak illegal dan kejahatan oleh mereka yang memanfaatkan padatnya lalu lintas laut itu. Maka, untuk membasmi mereka, Tim WFQR 4 hadir menjadi "hantu laut" bagi mereka. 

 

Harapan itu disampaikan oleh Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IV (Danlantamal IV) Laksamana Pertama TNI S. Irawan, S.E. dihadapan prajurit Lanal Dabo Singkep yang dalam acara tatap muka Danlantamal IV dengan jajaran Lanal DBS yang dilaksanakan di Aula Yos Sudarso Mako Lanal DBS, Dabo Singkep, Minggu (31/07/2016).

Kedatangan Danlantamal IV di dermaga Jagoh Dabo Singkep disambut langsung oleh Danlanal DBS Letkol Laut (P) Agus Sriyanto, S.E. yang juga dihadiri oleh para pejabat SKPD Kabupatem Lingga.

Sebelum melaksanakan acara tatap muka, Danlantamal IV menerima laporan Komando yang disampaikan oleh Danlanal DBS. Diawali dengan memperkenalkan seluruh Perwira Staf Lanal DBS dilanjutkan dengan paparan tugas pokok dan fungsi Lanal DBS.

Danlantamal IV mengatakan bahwa personel yang ditempatkan di Lanal-Lanal adalah prajurit pilihan bukan prajurit buangan, untuk itu seluruh jajaran Lanal DBS harus senantiasa bersyukur. Wujud syukur tersebut dapat diwujudkan dengan menghindari terjadinya pelanggaran dan penyelewengan dalam menjalankan tugas sehari-hari.

“Mereka yang melakukan pelanggaran adalah prajurit yang tidak pernah bersyukur, mereka dengan senang hati menari-nari diatas pengorbanan dan tetesan keringat rekan kerjanya sendiri,” tegasnya.

Danlantamal IV mengingatkan kepada seluruh prajurit bahwa fungsi TNI sebagai alat pertahanan negara dimana TNI menjadi penangkal setiap bentuk ancaman negara, penindak setiap bentuk ancaman dan pemulih terhadap kondisi keamanan negara.

“Sejalan dengan program pemerintah yang ingin menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, maka hal tersebut menjadi kesempatan emas bagi prajurit TNI AL untuk memberikan sumbangsih pemikiran dan ide-ide cemerlangnya bagi kemajuan bangsa. Jangan pernah menghalang-halangi prajurit untuk berfikir kreatif dan inovatif.

Disamping itu demi efektifitas dan meningkatkan kinerja, kita harus senantiasa bergerak pada waktu yang tepat,” imbuh Danlantamal IV.


Setelah melaksanakan acara tatap muka dan foto bersama prajurit Lanal DBS, Danlantamal IV berkesempatan menanam pohon mangga di halaman Mako Lanal DBS dilanjutkan dengan meninjau daerah latihan TNI AL di kawasan Batu Berdaun Kecamatan Singkep.

Turut mendampingi kunjungan kerja Danlantamal IV kali ini diantaranya Asops Danlantamal IV, Asintel Danlantamal IV, Kadisminpers, Kadispotmar, Danlanal DBS, Dansatkamla Lantamal IV, perwakilan Perwira Staf Lantamal IV.

Editor: Dardani