Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diguyur Hujan Sejak Pagi, Sejumlah Wilayah di Daik Terendam Banjir
Oleh : Nur Jali
Jum'at | 29-07-2016 | 16:22 WIB
banjir-daik-2016.jpg Honda-Batam

Genangan banjir di rumah warga di Daik yang belum surut. (Foto: Jali)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Lingga pada Jumat (29/7/2016) membuat ‎sejumlah kampung-kampung di beberapa lokasi ibukota tersebut terendam banjir dengan ketinggian sekaki orang dewasa. Penyebabnya diduga karena meluapnya air terjun hulu sungai Daik yang melewati daerah tersebut.

 

Pantauan BATAMTODAY.COM beberapa unit rumah milik warga yang berada di sekitar kampung Tanda Hulu, Tanda Hilir, Kampung Pahang, Gelam, Kampung Bugis, Pasar Daik dan Panggak Laut sudah terendam banjir.

"Ketinggian air sudah mencapai setinggi lutut orang dewasa. Kalau hujan terus turun bisa dipastikan air akan semakin meninggi," kata Jono warga Tanda Hulu.

Diungkapkannya, selain merendam rumah-rumah warga, jalan utama di Kampung tersebut terancam terendam oleh banjir jika curah hujan semakin tinggi.

"Yang jelas, aktifitas masyarakat akan mulai terganggu. Apabila akses jalan utama Kampung Tanda hulu ini tertutup banjir," ungkapnya.

Tak hanya terjadi di Kampung Tanda Hulu, banjir juga melanda di Kampung Pahang, Kelurahan Daik, yang mengakibatkan belasan rumah warga terendam banjir.

"Tiap tahunnya kalau sudah masuk musim penghujan, memang begini. Air naik menggenani pekarangan rumah," ungkap Diah, warga Kampung Pahang.

Dikatakannya, banjir yang terjadi bukan kali ini saja, hampir setiap tahunnya sering terjadi saat musim penghujan.

"Di sini sudah tiap tahun banjir terjadi. Karena luapan air dari sungai. Tapi banjir ini tak berlangsung lama," imbuhnya.

Editor: Dodo