Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Panen Perdana, Beras Lingga Diberi Nama Beras Super Cap Gunung Daek
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 13-07-2016 | 10:38 WIB
paen-padi.jpg Honda-Batam

Gubernur Provinsi Kepri dan Bupati Lingga, Alias Wello memberi nama Beras Super Cap Gunung Daek atas panen perdana di Kabupaten Lingga (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Lingga Utara - Saat panen perdana di Desa Sungai Besar, Kecamatan Lingga Utara, Kabupaten Lingga, Gubernur Provinsi Kepri dan Bupati Lingga, Alias Wello, memberi nama "Beras Super Cap Gunung Daek" terhadap hasil padi pertama di Kabupaten Lingga tersebut.

Pemberian nama itu, dilakukan atas hasil percontohan penanaman padi seluas 40 hektar dari 732 hektar lahan yang akan dikembangkan Pemerintah Kabupaten Lingga untuk pertanian padi di daerah tersebut.  

"Dari 732 Hektar lahan yang akan dikembangkan, saat ini sudah ditanami sekitar 40 hektar dan 100 hektar sedang dalam proses clearing untuk pengembangan," ujar Bupati Lingga Alias Wello.

Agar lahan sawah lebih produktif dan tidak kekurangan air, pemerintah Daek Lingga juga direncanakan akan membangun sanitasi air dengan pembangunan tanggul sepanjang 9 Kilometer.

Selain melakukan panen, dan penggilingan padi perdana dari lahan bukaan awal itu, Gubernur Provinsi Kepri, bersama sejumlah pejabat lainnya juga dijamu Bupati Lingga, makan bersama padi hasil panen perdana pertanian padi yang dikembangkan.

"Terus terang, ini adalah jamuan makan yang paling nikmat sekali. Apalagi berasnya hasil panen kita sendiri dan dipadu dengan sambal belacan ikan tamban. Lengkap sekali rasanya panen kita hari ini," kata Nurdin disambut tepuk tangan hadirin.

Kepada hadirin yang hadir, Nurdin juga mengatakan, dalam pelaksanaan panen perdana padi cap Gunung Daek
itu, juga dilakukan peresmian penggilingan padi, serta halalbihalal dalam suasana bulan syawal dengan masyarakat Lingga.

Editor: Udin