Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapolres Bintan akan Tindak Tegas Pelaku Pemukulan Petugas Dishubkominfo Tanjungpinang
Oleh : Harjo
Senin | 27-06-2016 | 13:38 WIB
kapolres-bintan-febri.jpg Honda-Batam

Kapolres Bintan, Ajun Komisaris Besar Polisi Febrianto Guntur Sunoto.

BATAMTODAY.COM, Bintan - Kapolres Bintan, Ajun Komisaris Besar Polisi Febrianto Guntur Sunoto menegaskan akan mengambil tindakan tegas kepada oknum anggotanya yang diduga melakukan pemukulan terhadap petugas Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Tanjungpinang.

"Kita akan proses anggota sesuai dengan tindakan yang telah dilakukannya. Penindakan terhadap anggota tersebut sudah mulai berjalan sesuai dengan prosedur dan hukum yang berlaku," tegasnya, Senin (27/6/2016).

Guntur menjelaskan, sejak Minggu (26/6/2016) sore, anggota Provost Polres Bintan, sudah menerima laporan dan berkas perkaranya untuk dilakukan penyidikan terhadap yang diduga pelaku pemukulan tersebut.

Sebagaimana diketahui pelaku pemukulan tersebut adalah Brigadir Ahabrata, yang saat itu memarkirkan mobil yang dia kendarai, Nissan Livina bernomor polisi BP 1341 QW. Kedua korban pemukulan yakni Dedek Kuswanto (31) dan Sugeng (34), merupakan honorer Dishub Kota Tanjungpinang.

Dedek mengatakan, pada saat melakukan patroli mereka menemukan mobil yang terparkir di luar marka parkir. Namun, sebelum menggembok mobil yang salah parkir tersebut, katanya, pihaknya telah terlebih dahulu mengimbau pengendara untuk memarkirkan kendaraannya secara benar.

"Kami sudah mengimbau dengan menggunakan pengeras suara selama 3 kali 15 menit. Tetapi pemilik mobil ini malah tidak mendengar imbauan kami, sehingga kami lakukan penggembokan," ujar Dedek saat ditemui di Polsek Tanjungpinang Kota.

Dedek menjelaskan, pihaknya telah melakukan penhimbauan sesuai dengan prosedur, dan sudah memberi surat kontak person di depan mobilnya.

‎"Tetapi pelaku ini tidak merespon, dan malah meminta gembok itu untuk dibuka. Memintanya pun dengan cara kekerasan dan tidak memiliki etika seorang anggota polisi," ungkapnya

Di tempat yang sama, korban Sugeng juga memaparkan, ketika itu pelaku langsung melakukan pemukulan kepada temannya dan ketika itu dirinya juga sempat pukul oleh pelaku. "Pada saat saya mau dipukul saya langsung menangkis," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perhubungan Darat Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kota Tanjungpinang Muhmmad Yamin mengatakan, ketika dirinya lagi memantau arus lalu lintas, tiba-tiba ada seorang yang memberitahu dirinya bahwa anggotanya dipukul.

"Saya diberitahu dan langsung pergi ke tempat kejadian, ketika sampai di TKP saya malah dibilang mau main keroyokan dan mau mengeroyok dia (pelaku, red). Padahal saya hanya mau melerai saja," paparnya.

Dia menjelaskan saat ini, pelaku sudah diamankan ke Polsek Tanjungpinang Kota untuk dilakukan penyelidikan terkait pemukulan ini.

Editor: Dodo