Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Batam Kota Sampah

Pemko Batam Tak Serius Urusi Sampah
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Senin | 05-09-2011 | 11:33 WIB
sampah_menggunung.gif Honda-Batam

Sampah tidak diangkat di salah satu kawasan di Batam. (Foto: Istimewa)

BATAM, batamtoday - Meski Lebaran telah berlalu dan aktivitas ekonomi di Kota Batam telah berangsur pulih, namun tumpukan sampah masih tetap saja tidak diangkut oleh pihak terkait dan terlihat menumpuk di sejumlah wilayah di kota itu.

Pantauan batamtoday pada Senin, 5 September 2011 mendapati tumpukan sampah tampak menggunung dan melebar ke badan jalan tepat di samping Sekupang Trade Centre.

"Sampah itu sudah beberapa hari tak diangkut," kata Zainul, warga Tiban Koperasi.

Akibatnya, tambah Zainul, karena sudah beberapa hari tak diangkut dan sempat tersiram hujan, tumpukan sampah itu mengeluarkan bau busuk yang menyengat hidung.

Beberapa warga yang melintas di lokasi tersebut tampak menutup hidung dan bahkan ada yang meludah sembarangan demi menetralisir bau busuk yang merebak.

"Pemerintah sudah tak becus lagi ngurusi persampahan di Batam, jangan karena alasan libur Lebaran sampah tak diangkat" ujar Zainul ketus.

Dengan sedikit emosi, Zainul akhirnya meminta bantuan beberapa warga sekitar untuk meminggirkan tumpukan sampah itu. Berbekal minyak tanah sebotol, Zainul akhirnya membakar sampah itu.

"Minimal tumpukan dan bau yang menyengat tak lagi mengganggu," kata Zainul.

Tumpukan sampah tak diangkut juga terlihat di kawasan Sungai Harapan dan Tiban III dengan kondisi yang sama, yakni menimbulkan bau busuk yang tak sedap.

Selain di kawasan tersebut, tumpukan sampah juga terlihat di kawasan Batam Centre, Bengkong dan Sungai Panas.