Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cuaca Buruk, Syahbandar Tunda Keberangkatan Kapal dari Sekupang
Oleh : Irwan Hirzal
Jum'at | 17-06-2016 | 11:11 WIB
gelombang-dan-cuaca-buruk.jpg Honda-Batam

Ilustrasi cuaca buruk sehingga beberapa kapal ditunda keberangkatannya (Sumber foto: balibisnis.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Provinsi Kepri khususnya Kota Batam, terus dilanda cuaca buruk. Hujan disertai angin kencang hingga membuat tertundanya keberangkatan trasportasi laut dari Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS).

Kepala Pos Syahbandar PDS, Komaruddin, memerintahkan untuk menunda keberangkatan beberapa kapal. Baik itu tujuan antar kota maupun provinsi akibat cuaca buruk.

Seperti yang terjadi hari ini, Jumat (17/06/2016) pukul 10.00 WIB. Komaruddin terpaksa menunda dua kapal penumpang, akibat cuaca buruk di perairan Kepri. Itu dilakukan guna menjaga keselamatan para penumpang.

"Pagi tadi, lagi-lagi kita tunda keberangkatan kapal akibat cuaca buruk," kata Komaruddin saat dihubungi BATAMTODAY.COM.

Dua kapal yang ditunda tersebut Miko Natalia 88 dan KM Serikandi pukul 10.30 WIB. Dua kapal antar kota tersebut mengalami penundaan keberangkatan kurang lebih 20 menit. Beruntung tidak ada penumpang yang protes akibat insiden tersebut.

"15-20 menit kita lakukan penundaan, guna keselamatan para penumpang. Penumpang tidak ada yang ribut akibat ditunda," katanya.

Komaruddi mengatakan, tidak hanya hujan disertai angin kencang yang melanda perairan Kepri. Namun jarak pandang di perairan juga terbatas. Bahkan Pulau Manis yang berada tepat di depan PDS saja tidak terlihat.

"Jarak pandang juga terkendala, hari ini cuaca sangat buruk, tapi itu hanya sesaat. Karena setelah mambaik kita langsung berangkatkan, setelah berkordinasi dengan pelabuhan yang dituju," pungkasnya.

Editor: Udin