Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pasca Lebaran, Aktivitas Bisnis di Batam Belum Pulih
Oleh : Dodo
Sabtu | 03-09-2011 | 11:06 WIB
Nagoya.jpg Honda-Batam

Kawasan bisnis Nagoya. (Foto: Istimewa)

BATAM, batamtoday - Aktivitas bisnis dan ekonomi di Kota Batam belum sepenuhnya pulih, pasca-Lebaran. Hal ini terlihat dari masih sepinya beberapa titik sentra bisnis maupun kawasan industri yang masih sepi pada Sabtu, 3 September 2011.

Pantauan batamtoday di kawasan bisnis Nagoya, beberapa usaha retail memang sudah terlihat buka kembali namun masih terlihat sepi. Beberapa pasar, seperti pasar Penuin, Avava, dan Tos 3000 juga masih sepi pengunjung.

Untuk perusahaan berskala menengah, khususnya perusahaan jasa masih terlihat tutup. "Kantor kita buka Senin lusa, dan kalaupun sekarang ada beberapa staf yang masuk hanya sebatas silaturahim karena masih suasana Lebaran," kata John, sekuriti sebuah perusahaan ekspor impor di Nagoya.

Belum pulihnya aktivtas bisnis di Nagoya juga berpengaruh pada pendapatan para tukang parkir di kawasan itu.

John, salah seorang tukang parkir di Nagoya, menyebutkan, pada hari biasa dia bisa mendapatkan penghasilan sekitar Rp25 ribu hingga pukul 10.00 WIB, namun tadi dia baru mengantongi sekitar Rp11 ribu saja.

"Sepi, bang. Biasanya jam segini sudah ramai mobil parkir," kata John.

Situasi sepi juga terlihat di Kawasan Industri Citra Buana Seraya lantaran masih banyak perusahaan yang berkantor di kawasan tersebut masih tutup.

"Kami ngumpul-ngumpul aja, hanya sekedar menyiapkan beberapa item kerjaan yang akan kita mulai pada Senin pekan depan," kata Akbar, karyawan sebuah perusahaan farmasi di Kawasan Industri Citra Buana Seraya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Inanto Sri Oetomo, manajer Kalbe Farma cabang Batam yang mengatakan kebijakan perusahaannya baru akan memulai aktivitas kembali pada pekan depan.

"Selain kami, banyak perusahaan yang berkantor di kawasan ini juga belum kembali memulai aktivitas secara penuh," kata Inanto.

Inanto memperkirakan aktivitas bisnis di Batam baru akan pulih pekan depan.