Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ribuan Umat Muslim Hadiri Shalat Idul Fitri di Tanjungpinang
Oleh : Charles/Dodo
Rabu | 31-08-2011 | 10:43 WIB
sholat-id1.jpg Honda-Batam

Shalat Ied di Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG, batamtoday - Pelaksanaan shalat Idul Fitri di kota Tanjungpinang sesuai dengan pengumuman Kementerian Agama RI pada Rabu,31 Agustus 2011 tetap meriah. Ribuan umat muslim sangat antusias dalam melaksanaan shalat Idul Fitri di sejumlah lokasi dan tempat yang sudah ditetapkan.

Kondisi cuaca Kota Tanjungpinang, yang cerah dengan sedikit berawan, mendukung, pelaksanaan shalat Id bagi seluruh umat muslim yang tersebar di 100 titik lokasi, meliputi 10 lokasi di lapangan terbuka, 77 masjid, 12 surau ditambah 1 surau di Lembaga Pemasyarakatan.
 
Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungpinang, H.Abu Sufian mengatakan kendati sebelumnya sudah ada yang melaksanakan shalat Idul Fitri, namun hal itu tidak mengurangi antusias seluruh warga dalam pelaksaanaan shalat Ied di sejumlah tempat kali ini.

"Alhamdullillah, kendati sebelumnya ada perdebatan, namun untuk di Kota Tanjungpinang, pelaksanaan shalat Ied kali ini dapat berjalan dengan lancar dan tidak mengurangi makna dari pelaksaananya, hal itu terlihat dari antusiasme masyarakat yang datang dan menghadiri pelaksanaan shalat Ied," ujarnya.

Di lapangan Pamedan, tambah Abu Sufian, umat muslim yang menghadiri sholat berjamah Idulfitri kali ini, lebih dari 5 ribu orang, demikian juga di sejumlah lapangan, masjid dan mushalla yang dijadikan tempat pelaksanaan sholat Id tahun ini.

Ketua pelaksana lapangan pelaksanaan Sholat Id di Lapangan Pamedan Syahbardi Bsc, juga mengatakan, pelaksanaan sholat Id sesuai dengan pengumuman yang dilaksanakan pemerintah sebelumnya telah diantisipasi, baik pada Selasa, 30 Agustus maupun 31 Agustus 2011 ini.

Sementara itu, kondisi sejumlah ruas jalan, toko dan pelayanan umum pada pelaksanaan shalat Ied tahun ini di Kota Tanjungpinang telihat sepi dan tutup. Sejumlah aparat kepolisian dan Dinas Perhubungan, melakukan penjagaan pada sejumlah lokasi ruas jalan pusat pelaksanaan shalat Ied.

Sementara SPBU, dan pasar Swalayan, yang biasanya sekitar pukul 09.00 Wib sudah mulai buka, hingga siang masih terlihat tutup. Lain hal dengan RSUD, yang mulai dari pagi sudah terlihat buka.