Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ratusan Warga Ikuti Shalat Ied di Tanjungpinang

Gubernur HM. Sani Tunda Pelaksanaan Shalat Idul Fitri
Oleh : Charles/Dodo
Selasa | 30-08-2011 | 09:45 WIB
Muhammadiyah-TPI.gif Honda-Batam

Suasana Sholat Id 1 Syawal 1432 H Jamaah Muhammadiyah Tanjungpinang di lapangan Masjid Kauman Km 8 Tanjungpinang, Selasa 30 Agustus 2011. (Foto: Charles)

TANJUNGPINANG, batamtoday - Adanya pengumuman dari Kementerian Agama RI yang menetapkan 1 Syawal 1432 Hijriah jatuh pada Rabu besok, membuat Gubernur Provinsi Kepulauan Riau HM. Sani menunda pelaksanaan shalat Idul Fitri di Lapangan Pamedan Tanjungpinang yang sedianya dilaksanakan pada Selasa, 30 Agustus 2011, hari ini.

"Kita tunda pelaksanaan dan seperti semula, Gubernur akan menjadi khatib dalam shalat Idul Fitri yang digelar besok," kata sumber batamtoday di Humas Pemprov Kepulauan Riau.

Selain di lapangan Pamedan, beberapa titik yang biasanya digunakan sebagai lokasi shalat Idul Fitri juga terlihat lengang. Seperti Lapangan Dewaruci, Hang Tuah dan Lapangan Batu 10, agenda shalat Ied pada hari ini dibatalkan dan akan digelar besok.

Sementara itu, warga Muhammadiyah di Tanjungpinang tetap menggelar perayaan Idul Fitri seperti yang diinstruksikan Pengurus Pusat Muhammadiyah. Ratusan jama'ah tampak menggelar shalat Ied di Lapangan Masjid Kauman kawasan Batu 8, Tanjungpinang.

Tampil sebagai khatib dalam shalat tersebut, Ketua Pimpinan Muhammadiyah Kepri Chablullah Wibisono dan Indra Yanir sebagai imam. Chablullah sendiri dalam khotbahnya mengusung tema 'Reaktualisasi Islam yang Berkemajuan'.

Beberapa warga mengakui shalat Ied yang digelar pada hari ini lebih banyak diikuti jama'ah dibandingkan pada tahun lalu.

"Mungkin karena banyak yang memilih Lebaran lebih cepat," kata Khairul, seorang jama'ah usai pelaksanaan shalat Ied.