Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penumpang Berdesak-Desakan Naik ke Kapal

2.050 Pemudik dari Batam Diangkut KM Kelud
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Rabu | 24-08-2011 | 16:30 WIB
KM-Kelud.gif Honda-Batam

KM Kelud yang mengangkut 2.050 pemudik dari Batam menuju Jakarta. (Foto: Istimwea)

BATAM, batamtoday - Pelabuhan Beton Sekupang disesaki ribuan manusia, baik penumpang yang hendak mudik maupun para keluarga yang mengantar. Penumpang yang hendak mudik ke Jakarta berjumlah 2.050 orang.

Pantauan batamtoday di Pelabuhan Beton Sekupang terlihat sangat sesak dengan para pemudik. Begitu juga kendaraan pribadi dan angkutan umum yang mengantar maupun menjemput para penumpang sehingga jalanan terlihat macet.

Para penumpang juga terlihat berdesak-desakan untuk masuk ke dalam kapal. Belum lagi barang-barang bawaan mereka membuat jalan masuk jadi terhambat. Para petugas harus bekerja ekstra untuk mengamankan jalan naik keatas kapal tersebut agar tidak berebut dan berdesak-desakan.

Kepala Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan, AKP Dasrul Savit mengatakan, setidaknya ada 2.050 penumpang yang akan berangkat ke Jakarta. Sedangkan penumpang yang turun sebanyak 850 orang. Untuk penumpang lanjutan dari Medan sebanyak 700 orang.

"Kapasitas kapal itu 3.000 penumpang, yang berangkat dari batam ditambah dengan penumpang lanjutan menuju Jakarta berjumlah 2750 orang. Berarti jumlah penumpang belum melebihi kapatitas," ujar Dasrul kepada batamtoday.

Dilanjutkannya, untuk pengamanan di pelabuhan disiagakan 20 anggota dari KKP serta satu pleton atau 30 petugas bantuan dari Polresta Barelang.

"Kondisi masih sangat kondusif, jumlah petugas pengamanan masih cukup dibandingkan jumlah penumpang. Kalau memang penumpang tiba-tiba membludak, kita kerahkan pasukan lagi," tuturnya.