Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinyatakan Lengkap, Soal UN SMP di Batam Dititipkan ke Polsek
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 07-05-2016 | 15:48 WIB
penghitungan-soal-un-smp.jpg Honda-Batam

Suasana penghitungan dan pendistribusian soal UN tingkat SMP di Gedung Gurindam, Batam. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Soal Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat Kota Batam dinyatakan lengkap oleh perwakilan dewan guru masing-masing sekolah, meskipun kotak berisi soal tidak dibuka.

Para guru langsung memindahkan ke mobil patroli masing-masing wilayah apabila kotak soal dinyatakan lengkap. "Kalau lengkap kotaknya langsung diangkat ke mobil patroli polsek masing-masing," kata Ketua Pelaksana Penyelenggara UN Disdik Batam, Andi Agung, Sabtu (7/5/2016).

Andi mengatakan soal bisa dibawa ke Mapolsek untuk dititipkan apabila kota soal masing-masing sekolah sudah lengkap. Hingga akhir pembagian, belum ada sekolah yang kekurangan kotak soal.

"Belum ada kekurangan kotak soal. Tapi kalau dalam pelaksanaannya kurang, itu masih bisa ditangani menggunakan soal cadangan," katanya.

Seperti biasa, para dewan guru nantinya dalam pelaksanaan UN hanya mengambil soal yang diujikan. Satu hari satu mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA.

Termasuk paket B yang nantinya akan diselenggarakan di SMA Negeri 1, Sekupang dan SMA Negeri 3 Batam. "Soal paket B tetap dititipkan ke polsek masing-masing sekolah," tuturnya.

Apabila satu kelas kekurangan soal lebih dari tiga siswa, kata Andi, dewan guru atau pengawas diperbolehkan untuk melakukan fotokopi guna mengatasi kekurangan. "Tapi kalau kurangnya satu soal itu bisa diatasi dengan soal cadangan," pungkasnya.

Editor: Dodo