Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harga Tiket Dumai Express Tidak Naik
Oleh : Sumantri/Dodo
Selasa | 23-08-2011 | 09:41 WIB
Suasana_Mudik_Pelabuhan_Domestik_Sekupang_H-8.jpg Honda-Batam

Suasana Mudik Pelabuhan Domestik Sekupang H-8

BATAM, batamtoday - Jelang lebaran Idul Fitri 1432 Hijriyh, suasana aktivitas mudik di Pelabuhan Domestik Sekupang Batam belum begitu padat. Arus penumpang mudik ke berbagai daerah tujuan mudik di Sumatera masih relatif sepi. pada H-8 sebelum Lebaran, Selasa, 23 Agustus 2011.

Harga tiket, terutama untuk rute Batam - Dumai dan Batam - Buton (Pekanbaru-red) dikatakan oleh Mustafa, salah satu agen pembantu penjualan tiket Dumai Express di pelabuhan domestik Sekupang bahwa harga tiket Dumai Express untuk tahun ini tidak mengalami kenaikkan. Tiket untuk kapal angkutan laut Dumai Express rute Batam - Dumai dan Batam - Buton masih dijual dikisaran Rp280-300 ribu, untuk penumpang dewasa dan setengah dari harga tersebut untuk penumpang anak-anak usia 0-5 tahun.

"Untuk tahun ini tiket Dumai Express rute Batam - Dumai dan Batam - Buton tidak mengalami kenaikkan. Hal ini dikarenakan ada kebijakan dari agen tunggal dan subsidi dari pemerintah untuk harga BBM bagi angkutan umum laut," ungkap Mustafa, kepada batamtoday, di pelabuhan domestik Sekupang, Selasa, 23 Agustus 2011.

Sementara itu pada H-8 ini, ada beberapa armada yang beroperasi melayani pemudik di pelabuhan domestik Sekupang, antara lain armada Dumai Express, Mikonatalia dan Batam Line. Dua armada terakhir melayani penumpang dengan rute Batam - Palembang dan Batam - Kuala Tungkal. 

"Untuk tahun ini diperkirakan peningkatan arus mudik akan terjadi di H-5 hingga H-1. Tepai untuk tiket Dumai Express tetap tidak naik hingga periode tersebut," ujar Mustafa menambahkan.

Dari sisi pengamanan, satuan pengamanan mudik lebaran tahun 2011 dari Kepolisian Daerah Kepri telah membuka posko pengamanan yang terletak didepan pelabuhan domestik.