Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gelombang Setinggi 2 Meter Ancam Pelayaran Lingga
Oleh : ardi/juhari/ sn
Senin | 22-08-2011 | 21:51 WIB
waspada_gelombang_laut.jpg Honda-Batam

Gelombang besar ancam pelayaran Lingga

LINGGA, batamtoday - Kepala Stasiun Meteorologi Dabo Singkep J Peranginangin mengatakan, data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada tanggal 22 hingga 23 Agustus 2011 di perairan Kabupaten Lingga gelombang maksimal diperkirakan mencapai 2 hingga 2,5 meter.

Kecepatan angin yang bertiup dari arah Tenggara diperkirakan rata-rata antara 15 hingga 20 knot per jam. Dalam kondisi normal, tinggi gelombang laut bisa mencapai 1,5 sampai 2 meter.

Dikatakannya, tingginya gelombang laut saat ini di perairan Lingga diperkirakan hingga menjelang Idul Fitri nanti. Kondisi ini tentunya dapat membahayakan bagi pelayaran yang menggunakan kapal kecil.

Dia menghimbau, terutama pengusaha pelayaran agar waspada dan melengkapi safety bagi para penumpang yang menggunakan jasa transportasi laut hingga dapat meminimalisir kecelakaan pelayaran karena kondisi cuaca buruk.

Khusus kepada instansi dan lintas terkait diharapkan dapat melakukan pengawasan sedini mungkin yang berkaitan dengan kelayakan dan kondisi sarana angkutan laut.

Untuk ini BMKG Dabo Singkep juga siap memberikan data kepada seluruh komponen masyarakat dan lintas terkait yang membutuhkan informasi cuaca.

”Sesuai arahan dari BMKG pusat setiap harinya data akan diupdate dengan membentuk pos informasi keadaan cuaca saat menjelang lebaran ini”, ujar Peranginangin.