Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diproyeksikan Jadi Kawasan Wisata Terpadu

Golden Beach, Serap 2.000 Wisman di Akhir Pekan
Oleh : Sumantri/Dodo
Sabtu | 20-08-2011 | 13:00 WIB
Golden_Prawn_993.jpg Honda-Batam

Suasana Golden Prawn 933 Restoran 

BATAM, batamtoday -  Kawasan wisata Golden Beach yang berlokasi di Bengkong Laut, tak henti-hentinya berbenah dan selalu menciptakan inovasi untuk mengundang wisatawan manca negara datang ke Batam, menikmati suasana dan menghabiskan uang yang ujung-ujungnya menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata. 

 

Salah satu inovasi yang telah dilakukan oleh pihak managemen Golden Beach Complex (komplek wisata yang terdiri Hotel Golden View, Restoran Seafood Golden Prawn dan kawasan wisata pantai Golden Beach) adalah bekerjasama dengan berbagai agen perjalanan dan wisata yang ada di luar negeri seperti Singapura dan Malaysia, menambah wahana wisata di Golden Beach dan menghadirkan berbagai pernik wisata yang bisa dinikmati oleh turis yang datang, salah satunya adalah persembahan tari-tarian yang disuguhkan untuk menemani turis yang menikmati hidangan laut di Golden Prawn.

"Saya rasa upaya kami dalam mendatangkan wisatawan manca negara ke Batam, terkendala oleh persaingan yang ketat dari negara tetangga kita yaitu Singapore dan Malaysia, sebagai negara yang paling dekat, belum lagi saingan yang datang dari negara Asia Tenggara lain seperti Thailand, kalau kita tidak menampilkan sesuatu yang khas,yang kita miliki kita tidak akan bisa mendatangkan wisatawan manca untuk berlibur ke Batam," ujar Aby, Pengelola Golden Beach Complex, kepada batamtoday, Sabtu 20 Agustus 2011.

Upaya lain menurut Aby adalah dengan melakukan subsidi silang pada paket tour yang ditawarkan dan mempererat kerjasama dengan berbagai travel agent yang ada di negara-negara semisa;l Singapura dan Malaysia, agar wisatawan datang ke Batam. 

Selain itu, Golden Prawn 933 yang memang sudah terkenal sebagai restoran yang menyajikan masakan laut, memang menjadi tujuan wisata kuliner bagi wisatawan yang kerap datang ke Batam. 

Setiap hari, tak kurang dari lima bus pariwisata datang ke Golden Beach Complex, untuk menikmati berbagai fasilitas dan sajian menu yang telah santer terkenal seantero Asia Tenggara. Puncaknya adalah pada hari sabtu dan Minggu, dimana diperkirakan 2.000 an wisatawan manca negara dari Singapore, Malaysia, Korea dan Jepang, datang untuk menikmati keindahan dari Golden Beach Complex.

"Untuk lebih meningkatkan lagi volume kunjungan wisman, kedepan management berencana akan menjadikan kawasan ini menjadi kawasan wisata terpadu dimana semua keperluan wisatawan bisa diakomodasi, mulai dari hotel, restoran, area outbound, wisata pantai dan permainan pantai," tutur Aby.

Pembangunan kearah yang lebih baik dari sisi infrastruktur sedang dijalankan dan secara bertahap kawasan Golden Beach Complex mencoba memenuhi keinginan wisatawan mancanegara dengan berbagai fasilitas yang lebih baik. Namun sayang, usaha sedemikian keras tersebut luput dari perhatian Pemerintah Kota Batam, sebagai pemegang regulasi sektor pariwisata.