Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harga BBM Turun, Tarif Angkutan Umum di Kepri akan Ikut Turun
Oleh : Charles Sitompul
Sabtu | 02-04-2016 | 14:02 WIB
ferry-punggur.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Tarif angkutan umum di Provinsi Kepulauan Riau akan diturunkan menyusul turunnya harga bahan bakar minyak secara nasional per 1 April 2016.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepri, Muramis mengatakan, penyesuaian tarif angkutan darat dan laut, Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Kepri pasti akan dilakukan. Pihaknya masih menunggu Surat Ketetapan (SK) penyesuaian tarif angkutan umum  Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dari Kementerian Perhubungan sebagai pedoman.

"Penurunan tarif angkutan Antar Kota Dalam Provinsi akan kita lakukan, dan saat ini kami sedang menunggu petunjuk teknis dari Menteri Pehubungan sebagai acuan," kata Muaramis kepada BATAMTODAY.COM, Sabtu (2/3/2016).

Kalau SK sudah turun sebagai pedoman, Tambah Muramisa, secepatnya hal itu akan dilaporkan kepada Gubernur. Selanjutnya melalui perintah dan arahan Gubernur, pihaknya akan melakukan rapat pembahasan dengan pihak terkait, seperti Organda, operator dan asosiasi pengusaha pelayaran, KSOP dan instansi lainnya.

Atas belum adanya penurunan, saat ini besaran tarif ongkos angutan darat dan laut di Kepri masih tetap sebagaimana yang ditetapkan Gubernur pada Juli 2015 lalu.

Sebelumnya, Pemerintah Pusat melalui Menteri ESDM telah menetapkan penurunan harga BBM premium dan solar per 1 April 2016. Dari Rp6.950 harga Premium per liter sebelumnya, turun menjadi Rp6.450, sedangkan solar dari Rp5.650 per liter sebelumnya menjadi Rp5.150.

Editor: Dodo