Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peningkatan Arus Mudik di Pelabuhan Sekupang Belum Tampak
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Selasa | 16-08-2011 | 15:59 WIB
sekupang_pelabuhan.jpg Honda-Batam

Pelabuhan Sekupang.

BATAM, batamtoday - Memasuki dua pekan menjelang Lebaran, arus mudik penumpang melalui Pelabuhan Sekupang belum terasa dan belum terlihat adanya peningkatan yang signifikan.

Kepala Syahbandar Pelabuhan Domestik dan International Sekupang, Erwin Syahrizal mengatakan terdapat 21 armada kapal yang berlayar menuju berbagai tujuan dengan kapasitas angkut 3.408 penumpang namun hanya terisi 1.271 penumpang.

"Hanya sekitar 39 persen kursi yang terisi untuk keberangkatan dari Pelabuhan Sekupang," kata Erwin kepada batamtoday, Selasa, 16 Agustus 2011.

Untuk kedatangan penumpang tercatat 1.382 penumpang dengan tambahan sebanyak 52 penumpang. Diperkirakan, kondisi seperti ini masih akan berlanjut hingga hari ini, kata Erwin.

Sementara itu, pantauan batamtoday di Pelabuhan Sekupang mendapati operator pelayaran akan menerapkan tarif normal dengan menghilangkan diskon sebesar 25 persen yang selama ini diterapkan untuk tarif angkutan pelayaran selama ini.

Sekretaris Indonesia National Shipowners Association (INSA) Cabang Batam, Azhar mengatakan pemberlakuan tarif normal itu bukan merupakan kenaikan tarif dan penerapannya sudah diberlakukan sejak kemarin.

Azhar menyebutkan untuk tarif tiket  termahal yakni untuk tujuan Tembilahan sebesar Rp350 ribu dan termurah adalah tujuan Moro yakni sebesar Rp90 ribu.