Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diduga Terima Suap Rp100 Juta

Oknum Pegawai Imigrasi Kelas I Khusus Batam Diperiksa Polisi
Oleh : Romi Chandra
Kamis | 10-03-2016 | 13:11 WIB
Unit-I-Reskrim-Barelang.jpg Honda-Batam
Di ruangan inilah, oknum pegawai Imigrasi Batam diperiksa penyidik Polresta Barelang. (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Seorang oknum pegawai Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam berinisial Z diperiksa penyidik Satreskrim Polresta Barelang, Kamis (10/3/2016). Diduga, ia membantu kaburnya seorang tahanan Imigrasi dengan menerima uang suap Rp 100 juta.


Pantauan di Mapolresta Barelang, Z saat ini tengah diperiksa di Unit I Satreskrim. Pemeriksaan itu dilakukan sejak pukul 10.00 WIB.

"Masih kita periksa soal keterlibatannya dalam membantu tahanan Imigrasi kabur. Bisa saja nanti ditetapkan menjadi tersangka," ujar sumber di kepolisian.

Sementara sesuai data yang didapat, kejadian kaburnya seorang tahanan Imigrasi yang bernama Damar Chettri alias Sam Chettri, yang merupakan warga negara asing (WNA) pada Desember 2015 lalu. Dalam upaya pelariannya, Sam mengeluarkan uang Rp 400 juta dengan melibatkan seorang calo penghubung berinisial MS dengan petugas Imigrasi tersebut.

Ia kabur setelah memalsukan identitas dengan dibantu Z yang mendapatkan pembayaran Rp 100 juta. Sementara MS yang sempat kabur, pelariannya berakhir dan kembali ditangkap di Medan, pada Februari 2016 lalu.

Saat ini, kasusnya sudah ditangani Polresta Barelang untuk penyelidikan lebih lanjut. BATAMTODAY.COM, juga belum mendapat keterangan lebih lanjut dari pihak kepolisian.

Editor: Dodo