Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sudah Bayar Lunas Kredit Rumah, Warga Perum Lobam Mas Asri Tak Kunjung Terima Sertifikat
Oleh : Harjo
Rabu | 09-03-2016 | 13:37 WIB
sertifikat-rumah.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Belasan warga yang membeli rumah secara kredit melalui Bank BTN,  di Perumahan Lobam Mas Asri, Kecamatan Serikuala Lobam, Bintan walaupun sudah  bertahun-tahun membayar lunas, namun sangat sulit untuk mendapatkan setifikat kepemilikan rumah.

Nofriadi, salah seorang pemilik rumah di perumahan tersebut menyampaikan dirinya membeli rumah dengan kredit  melalui bank BTN pada  tahun 2003 dan sesuai dengan masa kreditnya pada tahun 2013 sudah dibayar lunas. Tetapi setelah pembayaran kredit  lunas, namun sertifikat kepemilikan rumah justru belum kunjung diterimanya.

"Kreditnya sudah kita bayar lunas, namun sejak lunas, berkali-kali kita mempertanyakan masalah sertifikat kepemilikan baik kepada pegawai Bank BTN dan notaris selalu mendapatkan jawaban masih dalam proses," ungkap Nofriadi, Rabu (9/3/2016).

Nofriadi menjelaskan, seluruh berkas dan dokumen untuk pengurusan sertifikat yang diminta oleh pihak notaris yang bekerjasama dengan bank sudah diserahkan, tetapi yang terjadi justru sertifikat rumah yang diharapkan, semakin tidak jelas kapan baru bisa diterima oleh pemilik rumah.

Setiono, warga perumahan Lobam Mas Asri lainnya juga mengalami nasib yang sama. "Ada belasan pemilik rumah di Perum Lobam Mas Asri yang mengalami nasib sama dengan kami. Saat menanyakan ke notaris, BTN dan developer, pemilik rumah selalu dibuat seperti bola ditendang kesana kemari dengan alasan bermacam ragam tanpa ada solusinya, " keluhnya.

Cristin, staf notaris Agnes Margono di Tanjunguban dan Lindo pegawai Bank Tabungan Negara (BTN) Tanjungpinang, sebagai pihak yang disebut- sebut berhubungan dalam pengurusan sertifikat  dengan para pemilik rumah di perumahan itu sampai berita ini diturunkan belum memberikan jawaban secara resmi. 

Editor: Dodo