Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinas Kesehatan Lingga Targetkan 7.238 Anak Dapat Vaksin Polio
Oleh : Nur Jali
Selasa | 08-03-2016 | 18:38 WIB
IMG_20160308_123144.jpg Honda-Batam
Seorang balita saat diberikan vaksin polio (Foto : Nur Jali)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga menargetkan 7.238 anak dari usia 0-59 bulan, mendapatkan vaksinasi polio selama pekan imunisasi nasional (PIN) Polio yang digelar di seluruh wilayah Kabupaten tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga, Dr Ignasius Lutti mengatakan, untuk mencapai target tersebut Dinkes menggerakkan 214 tenaga kesehatan, mulai Dokter, Bidan hingga Perawat, serta dibantu 655 orang kader berpengalaman.

"Ditargetkan PIN Polio untuk wilayah Kabupaten Lingga sekitar 7.238 anak, mulau usia 0 sampai 59 bulan atau 5 tahun," kata dia, dalam acara pembukaan PIN Polio di Paud Belahan Jiwa, Kelurahan Daik, Selasa (8/3/2016) pagi.

Dalam sambutannya, Lutti mengatakan, PIN Polio pernah dilakukan di Indonesia pada tahun 90-an lalu, dan berdasarkan penilaian badan kesehatan dunia (WHO), Indonesia bebas dari Polio pada tahun 2006 lalu.

Namun, untuk mengantisipasi agar kemungkinan buruk tidak terjadi kepada anak, imunisasi dan vaksinasi seperti itu tatap dilaksanakan. Itu juga berperan sebagai upaya pemerintah untuk menciptakan generasi penerus yang lebih sehat dan berdaya tahan tubuh yang baik.

"Minimal 95 persen anak-anak di Lingga mendapat PIN Polio ini. Kita mengimbau kepada seluruh orangtua yang punya anak 0-59 bulan, datang ke pos PIN Polio terdekat," tuturnya.

Lebih jauh dia menambahkan, untuk pemberian vaksinasi Polio di Desa Pekajang, telah dilakukan lebih awal, bersamaan dengan kunjungan Wagub dan Bupati Lingga ke Pekajang baru-baru ini.

"Karena kondisi Pekajang yang sulit ditempuh, jadi kita manfaatkan bersamaan kunjungan Wakil Gubernur dan Bupati kemarin itu. Kalau di Singkep Barat, kita mulai lusa, setelah Kecamatan itu usai melaksanakan MTQ tingkat Kecamatan," tutup Lutti.

Diacara yang sama, Ketua Penggerak PKK Kabupaten Lingga Hj Heryulita Wello, turut mengimbau kepada seluruh ibu-ibu yang anaknya perlu mendapatkan vaksinasi polio untuk datang ke pos PIN yang telah di siapkan pemerintah.

"Karena mengingat PKK ini sudah menyebar ke seluruh Kecamatan dan desa-desa, maka kita akan menggerakkan seluruh anggota PKK untuk ikut berpartisipasi," ungkapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar yang berkesempatan hadir dalam kegiatan sepekan itu, membuka secara resmi Pekan Imunisasi Nasional untuk seluruh pos-pos yang disiapkan Dinkes dan menyebar se Kabupaten Lingga.

"Saya berterima-kasih atas partisipasi semua pihak, khususnya kader-kader kesehatan yang rela mendedikasikan dirinya meski tidak dibayar. Mereka itu sudah berpengalaman, sebelumnya mereka aktif dalam pemberian vaksin filariasis," tutur Nizar.

Dia mengatakan, pemerintah daerah akan mendudukkannya bersama Dinkes, mengenai kesejahteraan tenaga relawan tersebut.

Dia juga mengatakan, untuk menyukseskan PIN Polio kali ini, Pemkab mengajak semua instansi pemerintah yang terkait, membentuk pokja untuk turut berpartisipasi mensukseskan program nasional di Kabupaten Lingga tersebut.

Editor : Udin