Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gerhana Matahari di Batam Hanya Berlangsung Sebagian
Oleh : Ahmad Rohmadi
Selasa | 08-03-2016 | 16:52 WIB
GMS_Batam.jpg Honda-Batam
(Sumber foto: Twitter@infoBMKG)

BATAMTODAY.COM, Batam - Fenomena gerhana matahari total hanya akan terjadi di sebagian wilayah Indonesia, 9 Maret 2016 besok, sedangkan di wilayah lainnya hanya bisa melihat gerhana matahari sebagian.

Berdasarkan informasi dari akun Twitter Badan Metreologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gerhana matahari sebagian akan dimulai pukul 06.22 WIB dan puncaknya pada pukul 07:23 WIB dan gerhana akan berakhir 08:33 WIB. Sedangkan kelamaan gerhana akan berlangsung selama 2 jam 10 menit 12.8 detik.

Gerhana matahari total akan terjadi di 11 provinsi, diantaranya, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara.

Sementara, Pemerintah Kota (Pemko) Batam menyampaikan tidak akan membuat acara khusus untuk menyaksikan fenomena langka tersebut pasalnya hanya sebagian, namun di beberapa masjid katanya akan melaksanakan salat gerhana matahari.

"Wilayah Batam tidak masuk dalam  daerah yang dapat menyaksikan gerhana secara penuh. Karena itu pemerintah tidak membuat acara," kata Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemko Batam, Ardiwinata, Selasa (8/3/2016).


Editor: Dodo