Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Penyebab Asuransi PNS Lingga Tak Cair
Oleh : Nur Jali
Kamis | 18-02-2016 | 14:44 WIB
asuransi.jpg Honda-Batam
Ilustrasi asuransi.

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Tim verifikasi pencairan Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera bagi dua ribu lebih PNS di Kabupaten Lingga menemukan kendala yang menjadi penyebab belum bisa dicairkannya asuransi tersebut.

Kasiman, ketua tim verifikasi menyebut ada sejumlah kantor atau SKPD yang ternyata belum membayarkan premi asuransi itu ke pihak AJB Bumiputera.

"Setelah kita verifikasi, ada beberapa PNS yang saldonya nol rupiah, sehingga tidak bisa dicairkan karena uangnya tidak ada," kata Kasiman, Kamis (18/2/2016).

"Bisa jadi karena bendaharanya tidak menyetorkan uang asuransi sebesar seratus ribu rupiah tersebut, sehingga wajar kalau saldonya menjadi nol rupiah," tambah Kasiman.

Untuk itu saat ini pihaknya terus melakukan verifikasi dan bagi yang belum menyetorkan dana asuransi tersebut, maka pihaknya saat ini sedang mencarikan solusi agar PNS yang memiliki saldo nol juga mendapatkan haknya. Karena menurutnya proses pemotongan dana asuransi tersebut dilakukan oleh bendahara masing-masing melalui dana tunjangan daerah.

"Uang untuk asuransi tersebut langsung dipotong bendahara masing-masing SKPD, jadi kalau tidak disetor itu bukan kesalahan PNS tapi letaknya ada di bendahara hal ini akan kita carikan jalan keluarnya," ungkapnya. 

Editor: Dodo