Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Patroli Bermotor Polwan Siap Redam Kriminalitas di Batam
Oleh : Romi Chandra
Rabu | 17-02-2016 | 15:36 WIB
polwan_bermotor_tribrat.jpg Honda-Batam
Ilustrasi. (Sumber foto: tribratanews.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Para polisi wanita (polwan) yang ada di Polresta Barelang dan Polda Kepri, akan dikerahkan untuk melakukan patroli layaknya polisi laki-laki (polki), sesuai program 'Batara Biru' yang saat ini tengah dipersiapkan.

Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polresta Barelang, Kompol Deden Nurhidayatullah, mengatakan, saat ini, para polwan sedang mengikuti latihan di Polda Kepri.

"Untuk jajaran Polresta Barelang bersama polsek-polseknya, terdapat 62 polwan, dan semua diterjunkan untuk melakukan patroli menggunakan sepeda motor," ujar Deden, Rabu (17/2/2016).

Patroli yang akan dilakukan para Polwan lanjutnya, juga ke tempat-tempat rawan yang ada di Batam, sehingga upaya pencegahan bisa lebih maksimal.

"Mereka (polwan) juga patroli ke tempat rawan. Selain itu juga ke mall-mall yang ada di Batam. Ini bertujuan untuk memperlihatkan bahwa Polwan tidak hanya bisa duduk di kantor, tapi juga tangguh di lapangan," pungkasnya.

Menekan terjadinya kejahatan jalanan (street crime) yang berupa pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian dengan kekerasan (curas) serta pencurian sepeda motor (curanmor) di Batam, jajaran kepolisian mulai membuat program unggulan yang diberi nama Batam Raya Biru atau disingkat 'Batara Biru'.

Dijelaskan Deden, kata 'Batara' diambil dari bahasa sangsekerta yang berarti 'dewa pelindung'. Sedangkan kata 'biru', menggambarkan aparat kepolisian yang mobil patrolinya menggunakan lampu berwarna biru. "Artinya, adalah kepolisian sebagai pelindung masyarakat, dengan cara mobil patroli kepolisian berada dimana-mana," jelas Deden.

Editor: Dodo