Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Curi Aki Truk Fuso, Pelaku Bonyok Dihajar Warga
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 17-02-2016 | 09:02 WIB
Maling_Aki_Bonyok_dihajar_Warga.jpg Honda-Batam
R yang ditangkap massa setelah mencuri aki truk. (Foto: Charls Sitompul)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Mencuri aki truk Mitsubishi Fuso di Jalan Cempedak, R (21) jadi bulan-bulanan warga Gang Manggis Tanjungpinang, sekitar pukul 14.30 Wib, Selasa,(16/2/2016). Sementara satu orang rekanya kabur melarikan diri.


Informasi yang dihimpun, aksi pencurian yang diduga dilakukan kedua pelaku ini terungkap ketika sang supir mencoba menghidupkan truk, namun tidak bisa hidup. Setelah melihat dari sepion sebelah kiri sang sopir melihat adanya orang yang bersembunyi di bawah truknya dengan spontan sang supir berteriak maling. 

Mendengar teriakan korban, akhirnya pelaku langsung melarikan diri. Warga sekitar yang saat itu mendengar teriakan sopir, langsung mengejar dan menangkap R salah seorang dari pelaku. Saat itu, warga yang kesal pun langsung memukuli pelaku.

Sementara rekan R yang saat itu juga mencuri langsung kabur, Bibit (37) salah seorang warga, mengatakan, sejumlah warga mengetahui adanya pencurian karena supir lorry berteriak maling. 

"Kami bersama warga lainya, yang mendengar tidak jauh dari Lokasi, langsung mengejar pelaku. Saat lari pelaku yang berjumlah dua orang menuju ke arah Ramayana dan berpencar," ujarnya.

Bibit menambahakan, satu pelaku dapat ditangkap, karena lari ke rawa-rawa. Sementara satu tersangka lain, lari ke arah Ramayana.

Ketua RT 06 RW 02, Sumardi mengatakan, warga terpaksa menghakimi pelaku karena geram dengan tindak kejahatan yang dilakukan tersangka di perkampungan tersebut.

''Saya sempat melarang untuk memukuli, namun tak digubris dengan warga yang geram. Setelah saya amankan baru kami laporkan ke pihak Kepolisian,'' ujar Sumardi.

Kapolsek Tanjungpinang Barat, AKP Paten Tarigan yang ditemui di lokasi kejadian mengatakan, pihaknya langsung turun ke lapangan setelah mendapat laporan adanya aksi pencurian aki truk tersebut. Anggota pun langsung bergerak untuk mengamankan tersangka yang sudah berhasil ditangkap warga sekitar lokasi.

''Pelaku kami bawa ke Polsek untuk dilakukan pemeriksaan. Satu pelaku yang kabur saat ini dalam pengejaran anggota dilapangan,'' ucap Tarigan. 

Editor: Dardani