Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapolresta Barelang Nilai Peredaran Narkoba dan Kriminalitas di Kampung Aceh Mulai Menurun
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 16-02-2016 | 15:55 WIB
Kombes-Helmy-Santika.jpg Honda-Batam
Kapolresta Barelang, Komisaris Besar Helmy Santika.

BATAMTODAY.COM, Batam - Upaya penumpasan kejahatan dengan melakukan penggerebekan rutin di Kampung Aceh yang selama ini dikenal sebagai daerah pusat tindak kriminal, seperti narkoba, perjudian dan lain sebagainya, mulai membuahkan hasil.

Terbukti, hasil penggerebekan tersebut, aktivitas kriminalitas di lokasi mengalami penurunan. Dilihat dari jumlah orang dan barang bukti yang diamankan.

"Kita bisa melihat data dari penggrebekan yang dilakukan sebelumnya dengan hasil penggerebekan yang dilakukan pagi tadi, jauh mengalami penurunan. Pelaku yang diamankan hanya 16 orang. Sedangkan sebelumnya mencapai puluhan orang. Ini menandakan bahwa pergerakan kriminalitas di lokasi itu jauh menurun," ujar Kapolresta Barelang, Komisaris Besar Helmy Santika, Selasa (16/2/2016).

Namun, Kapolres juga tidak menampik, bahwa untuk menumpas habis kriminalitas di lokasi tersebut atau di lokasi lainnya, tidak akan bisa. Pasalnya, kejahatan yang ada merupakan produk manusia yang dipengaruhi berbagai faktor.

"Kita hanya bisa menekan angka tindak kriminalitas tersebut. Namun untuk menghilangkannya, tentu tidak bisa. Banyak faktor yang mempengaruhi, seperti ekonomi, lingkungan dan sebagai," jelas Helmy.

Dilanjutkan, untuk menekan angka kriminal tersebut, pihaknya juga mendalami lokasi-lokasi lain, yang dijadikan tempat pergerakan kriminalitas di Batam.

Editor: Dodo