Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gubernur Akan Lantik Bupati dan Wakil Bupati Bintan, Lingga dan Anambas di Gedung Daerah
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 15-02-2016 | 20:17 WIB
gedung_daerah.jpg Honda-Batam
Gedung Daerah Kota Tanjungpinang.(foto : ist)

‎BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Provinsi Kepri, HM.Sani dijadwalkan akan melantik tiga Bupati dan Wakil Bupati di Gedung Daerah Kota Tanjungpinang. Pelaksanaan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati  Bintan dilaksanakan pada Kamis (18/2/2016). Sedangkan Bupati Wakil Bupati Lingga dilantik pada Jumat,(18/2/2016) serta Bupati dan Wakil Bupati Anambas pada Senin (22/2/2016) mendatang.

"Pelaksanaan pelantikan akan dilakukan Pak Gubernur di Pusat Pemerintahan Ibu Kota, sebagaimana amanah UU dan sesuai dengan Perpres Nomor 167 Tahun 2014 tentang tata cara pelantikan Gubernur, Bupati dan Walikota. Sedangkan serah terima jabatan Bupati dan Walikota, akan dilakukan di Ibu Kota Kabupaten/ Kota pejabat Bupati dan Walikota yang dilantik," ujar Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Kepri, Misni pada BATAMTODAY.COM, Senin (15/2/2016).

Saat ini, SK ke-3 Kepala Daerah tingkat II Kabupaten di Provinsi Kepri itu, telah di Pemerintah Provinsi Kepri. Dan tinggal pelaksanaan pelantikan dan penyerahaan SK pelantikan yang akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Dalam pelaksanaan pelantikan katanya lagi, jumlah tamu undangan yang akan hadir diperkirakan 500 Orang. Tetapi untuk tamu yang masuk kedalam ruangan pelantikan Gedung Daerah akan dibatasi, mengingat lokasi dan daya tampung ruangan yang terbatas.

Namun demikian, sejumlah tamu undangan lain yang merupakan pendukung masing-masing Bupati dan Wakil Bupati, nantinya akan ‎ditempatkan di halaman Gedung Daerah, pada kursi dan tenda yang sudah disediakan.

"Untuk tamu undangan yang masuk ke dalam ruangan pelantikan, kami tetapkan maksimal 50 orang, mengingat selain sejumlah tamu FKPD, juga akan dihadiri tamu dari Mendagri serta kepala FKPD Kepri dan undangan lainnya," ujarnya.

Pelaksanaan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten/ Kota ini sendiri, dilaksanakan dan disiapkan oleh Biro Pemerintah Provinsi dari Biro Umum dan Biro Humas dan Protokoler ‎Provinsi Kepri.

"Saat ini undangan pelaksanaan pelantikan sudah kami sebar dan dalam pelantikan nanti, juga akan disaksikan oleh Direktur Perencanaan Anggaran Daerah, Bapak Bakir Al-Afif Haq dari Kementerian Dalam Negeri," pungkasnya.

Sebagai mana diberitakan sebelumnya, pelaksanaan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bintan, Lingga dan Kabupaten Kepulauan Anambas dilaksanakan sesuai dengan Surat Kawat Menteri Dalam Negeri Nomor 005/389/Sj tanggal 5 Februari 2016, perihal Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan wakil Walikota hasil Pilkada serentak, yang diterima Biro Pemerintahan Provinsi Kepri, Jumat (5/2/2016).

Dalam telegram Mendagri tersebut juga dikatakan, pelaksanaan pelantikan ketiga Bupati dan Wakil Bupati hasil pilkada serentak 2015 di Provinsi Kepri itu, akan dilaksanakan di Kota Tanjungpinang, sebagai Ibu Kota Provinsi yang dilakukan langsung oleh Gubernur Kepri HM.Sani.


Editor : Udin