Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Razia Cipta Kondisi, Polres Tanjungpinang Amankan Dua Sajam
Oleh : Charles Sitompul
Sabtu | 13-02-2016 | 08:00 WIB
Razua_Cipta_kondisi_Polres_tanjungpinang.jpg Honda-Batam
Razia Cipta Kondisi, Polres Tanjungpinang berhasil amankan dua sajam (Foto : Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gelar razia Cipta Kondisi jelang pelaksanaan pelantikan Bupati dan Syukuran Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Provinsi Kepri 2016-2021, Polres Tanjungpinang, mengamankan dua buah senjata tajam (sajam) dari dua pengendara motor di Mapolres Tanjungpinang, Jum'at (12/2/2016).

Kabag Ops Polres Tanjungpinang, Kompol Jamaluddin mengatakan, razia Cipta Kondisi ini sudah dilakukan sejak beberapa hari belakangan, jelang syukuran Gubernur terpilih Provinsi Kepri yang hari ini dilantik dan persiapan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati yang rencananya akan dilaksanakan di Kota Tanjungpinang.

"Target utama kami dalam razia Cipta Kondisi ini adalah bahan peledak, senjata tajam dan senjata api. Namun, apabila ditemukan adanya yang mencurigakan seperti narkoba juga akan kami amankan," ujar Jamaluddin kepada BATAMTODAY.COM di Tanjungpinang.

Pantauan dilapangan, razia yang dilaksanakan kurang lebih selama dua jam itu, melibatkan 110 Personil Shabara Polres Tanjungpinang dan Sabhara Polda serta Brimob yang di BKO kan di Tanjungpinang.

Semua kendaraan roda empat yang melintas diseputaran Polres, diarahkan memasuki ke halaman Mapolres Tanjungpinang. Bahkan setiap mobil diperiksa oleh petugas yang terlibat dalam razia.

Selain melaksanakan razia Cipta Kondisi, Jamaluddin juga mengatakan kalau pihaknya juga melaksanakan patroli rutin, dengan menggunakan motor Binmas dengan mengelilingi seluruh wilayah Kota Tanjungpinang.

"Untuk patroli kami lebih banyak menghimbau, lebih banyak persuasif. Yang nongkrong sambil mengkonsumsi alkohol, kami bubarkan dan suruh pulang kerumah, begitu juga dengan yang mau balapan liar, kami bubarkan," kata Jamaluddin.

Selama pelaksanaan razia Cipta Kondisi yang dilaksanakan di halaman Mapolres ini, Jamaluddin mengatakan pihaknya telah mengamankan dua senjata tajam (sajam) dari pengendara mobil yang terjaring razia. Kedua orang itu pun langsung dibawa ke Satreskrim Polres Tanjungpinang untuk diambil data dan keterangannya.

"Kami amankan dua senjata tajam jenis parang. Orangnyapun langsung dimintai keterangan dan datanya di Satreskrim," ujarnya.

Selanjutnya, setelah pelaksanaan razia Cipta Kondisi, seluruh personil BKO dari Brimob Polda Kepri, Sabhara Polda Kepri, Sabhara Polres Tanjungpinang, Polantas Polres Tanjungpinang dan juga Provost Polres sebagai pelaksana pengamanan kegiatan, akan standby dalam pelaksanaan pelantikan Bupati dan Walikota terpilih, yang rencananya akan dilaksanakan di Tanjungpinang.

"Untruk pelaksanaan pengamanan pelatikan Bupati dan Wakil Bupati, kami masih menunggu kabar dari Pemprov Kepri, apakah di Batam atau Tanjungpinang," jelasnya.

Pada kesempatan itu, Kabag Ops Polres Tanjungpinang ini juga mengimbau agar masyarakat bersama sama menjaga keamanan dan ketertiban di Kota Tanjungpinang.


Editor : Udin