Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tugboat Caputra 15 Tenggelam di Perairan Bintan, Kapten dan Satu ABK Hilang
Oleh : Harjo
Senin | 08-02-2016 | 08:12 WIB
IMG-20160207-WA0001.jpg Honda-Batam
Sejumlah awak kapal bersama anggota Polres Bintan saat berada di rumah masyarakat di kecamatan Gunungkijang Bintan. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Tugboat Caputra 15 dengan 7 awak berangkat dari galangan kapal Bandar Victory Sekupang Batam dengan tujuan Surabaya. Akibat cuaca buruk dan ekstrim, tugboat diduga tenggelam di sekitar perairan Bintan, Minggu (7/2/2016).


AKP Adi sucipto kasatpolair Polres Bintan, Ajun Komisaris Polisi Adi Sucipto kepada BATAMTODAY.COM, Minggu (7/2/2016) malam mengungkapkan, informasi awal diterima laporan masyarakat Desa Malangrapat Bintan, ada kapal yang mengalami kecelakaan di perairan Bintan, sekitar pukul 17.30 wib.

Kecelakaan laut tersebut diketahui oleh masyarakat setelah ada empat orang laki-laki yang mendatangi rumahnya dan mengaku mereka adalah ABK Tugboat Caputra 15 yang berhasil menyelamatkandiri. Setelah tugboat mereka tumpangi tenggelam dihantam angin kencang dan gelombang.

" Keempat orang tersebut mengaku menyelamatkan diri mengunakan life jacket. Sebelum Tagboat yang ditumpangi tenggelam," ungkap Adi Sucipto.

Adapun indentitas keempat ABK tugboat yang selamat itu adalah Agustinus La Abua, (32) ceken Oficher (CO), Riswan (25) Oiler, Hendri (29) Mesin 1 dan  Agus Susanto (28 ).

Kemudian pada pukul 18.00 Wib, kembali diperoleh  informasi dari masyarakat bahwa ada lagi korban yg selamat di Pantai Trikora 4  sekitar Hotel Serumpun Padi. Dari hasil kroscek anggota di lapangan  ternyata benar tiga orang yang selamat dari muaibah tenggelamnya Tagboat tersebut diantaraanya, Bahri Bakkarong (27) juru mudi, Lukman ( 34 ) Co dan Hendra Ambutong (32) KKM Tagboat.

Keterangan dari para korban bahwa mereka berangkat pada hari Sabtu tgl 06 Feb 2016 sekira pukul 09.00 Wib dari Galangan kapal Bandar Victory Sekupang Batam dengan tujuan Surabaya. Kecepatan tugbot 5-6 not. "Kemudian pada hari Minggu 7 Feb 2016 sekira pkl 12.00 Wib di sekitar perairan Bintan Tug Boat Caputra 15 tenggelam akibat cuaca ekstrem," terangnya.

Sebaliknya dari keterangan para ABK yang selamat masih ada dua orang awak kapal yang berada di tugboat yakni Sujono Tarzan Capten kapal dan Sulfahmi Dizar ABK kapal.

"Tujuh awak kapal tersebut saat ditemukan langsung dilarikan ke Puskesmas terdekat guna dilakukan cek kesehatan oleh paramedis. Selanjutnya menyediakan tempat beristirahat serta langsung menghubungi keluarganya," terangnya.

Sementara kedua awak kapal yang belum berhasil ditemukan masih dilakukan pencarian oleh pihal kepolisian dan unsur lainnya serta masyarakat setempat. 

Editor: Dardani