Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Terjadi Kerusakaan ILS dan VOR pada Alat Bantu Navigasi

Otoritas Hang Nadim Jamin Pagi Hari Situasi Kembali Normal
Oleh : Hadli
Minggu | 07-02-2016 | 22:35 WIB
Suwarso.jpg Honda-Batam
Kabag Umum Bandara Internasional Haang Nadim Batam Suwarso

BATAMTODAY.COM, Batam - Otoritas Bandara Internasional Hang Nadim Batam menyampaikan, penutupan sementara bandara dilakukan karena terjadi keruskan pada alat bantu navigasi penerbangan.

"Adanya kerusakan pada ILS dan VOR," kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim, Suwarso, kepada BATAMTODAY.COM, Minggu (7/2/2016) malam sekitar pukul 21.40 WIB. 

Suwarso mengatakan, saat ini kerusakan sistem penerbangan yang terjadi sejak sore masih dalam upaya perbaikan oleh petugas teknisi. 

Namun, ia memastikan Senin (8/2/2016) pagi Bandara Internasional Hang Nadim sudah bisa kembali beroperasi. "Sampai besok pagi pukul 06.18 Wib sudah kembali beroperasi," kata dia kembali. Baca: Hang Nadim Ditutup, Penumpang Mengamuk

Suwarso menjelaskan, lampu runway bandara sepanjang landasan terpanjang di seluruh wilayah Indonesia yang panjangnya mencapai 4,025 km ini, tidak mengalami masalah. Kendala yang terjadi hanya pada lampu ILS. 

"Lampu runway tetap hidup, yangg rusak lampu ILS,  instrument landing system yang berada di ujung-ujung landasan," jelasnya. 

Akibat penutupan yang terjadi, mengkibatkan berbagai tujuan gagal terbang maupun landing ke Batam, di Bandara Internasional Hang Nadim. Antara lain dari Kualanamu Medan, Padang, Palembang dan Semarang. 

"Pesawat-peswat itu tidak jadi terbang ke Batam. Sudah dikonfirmsi ke bandara asal penerbangan sebelum penutupan sementara Hang Nadim," ungkapnya.

Namun Suwarso belum bisa memastikan perbaikan pada ILS dan VOR dapat diselesaikan hingga besok malam (Senin) sekitar pukul 18.00 WIB. "Kita doakan semoga bisa (diperbaiki) dan semua bisa normal kembali," tutupnya.

Editor: Surya