Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapal Pompong Dikabarkan Tenggelam di Perairan Sedanau, 2 Tewas 5 Hilang
Oleh : Harun Al Rasyid
Minggu | 07-02-2016 | 16:27 WIB
Korban kapal pompong1.jpg Honda-Batam
Penumpang kapal pompong yang berhasil diselamatkan (Foto : Harun Alrasyid/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapal kayu atau pompong yang berlayar dari Pulau Seluan menuju Sedanau, Bunguran Barat, Kabupaten Natuna, terbalik hingga tenggelam setelah dihantam ombak besar. Dari 75 penumpang pompong tersebut, 2 dinyatakan meninggal, 5 hilang dan 68 selamat.

Berdasarkan informasi yang diperoleh BATAMTODAY.COM, kapal milik ER, warga Seluan, itu berangkat dari Pulau Seluan sekitar pukul 06.00 WIB menuju Pulau Sendanau. Baru berjalan sekitar kurang lebih satu jam, kapal tersebut dihantam ombak besar hingga semua isi kapal tenggelam setelah kapal itu terbalik.

Beberapa nelayan yang berada di sekitar lokasi kejadian berusaha menolong penumpang yang selamat. Dan dua jam kemudian, sekitar pukul 09.00 WIB, dengan menggunakan speed Miko Nata, team gabungan bantuan dari Sedanau tiba di lokasi dan langsung mengevaluasi korban.

Begitu juga dengan Satuan Polisi Air Polres Natuna bersama kapal DKP dan Basarnas terus memantau dan membatu mencari korban.

Diantara semua penumpang kapal nahas tersebut, 57 orang berhasil diselamatkan dan dievakuasi ke Sedanau. Kemudian 11 penumpang lainnya dievakuasi ke Seluan. Sementara 2 korban dinyatakan tewas yaitu Zainab (60) dan Ria (33). 

Saat ini team evakuasi masih melakukan pencarian terhadap penumpang yang dinyatakan hilang, yakni 2 orang anak kembar (anak dari Ita), ibu kandung Ita, Aulia (3) dan Sari Rahmadani (5) anak kandung Evidasusanti yang selamat. 

Semua penumpang yang di evakuasi ke Sedanau saat di berada di Pos Al Sedanau dan Puskesmas Sedanau. Sementara itu, team lidik Reskrim melakukan identifikasi dan melakukan lidik di tempat kejadian perkara. Polisi juga menyiapkan dua regu Sabhara dan Polsek Bunguran Barat untuk membantu pengamanan. 

Editor: Surya