Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Usai Lebaran, Ponton Pelabuhan Domestik Sekupang Diganti
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Jum'at | 05-08-2011 | 17:23 WIB
Ponton_Sekupang.jpg Honda-Batam

Ponton di Pelabuhan Domestik Sekupang. (Foto: Istimewa)

BATAM, batamtoday - Dua ponton di Pelabuhan Domestik Sekupang, Batam akan segera diganti. Rencananya usai lebaran akan langsung dikerjakan penggantian tersebut karena kondisinya sudah tidak laik pakai guna menghindari terjadinya kecelakaan atau ambruk seperti yang terjadi di Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang.

"Ponton itu kondisinya sudah kurang baik, selesai lebaran ini akan langsung diganti. Digantinya nanti sekaligus dua-duanya," kata Erwin, Syahbandar Pelabuhan Domestik kepada wartawan, Jumat, 5 Agustus 2011.

Saat ini, kata Erwin, untuk menghindari kecelakaan, pihak pelabuhan meberlakukan sistem buka tutup serta membatasi orang yang berada diatas ponton tersebut. Yang diperbolehkan itu maksimal 50 orang saja, kalau lebih dari segitu dikhawatirkan akan ambruk.

Saat kapal menyandar, penumpang diarahkan agar tidak berlama-lama di atas ponton tersebut. Penumpang yang naik dan yang turun naik ke ponton secara bergantian.

"Kita selalu membatasi jumlah orang dan barang di atas ponton. Maksimal itu hanya 50 orang saja, takut terjadi apa-apa," terangnya.

Saat ini, ponton yang akan diganti sudah dibeli, tinggal melakukan pemasangan saja.