Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Data Bank Dunia, Jumlah Migran di Seluruh Dunia Capai Rekor Tertinggi
Oleh : Redaksi
Senin | 21-12-2015 | 08:13 WIB
buruh_migran_by_ap.jpg Honda-Batam
Para pekerja migran. (Foto: AP)

BATAMTODAY.COM, Washington DC - Bank Dunia mengatakan jumlah orang yang tinggal di luar negara tempat mereka dilahirkan diperkirakan akan mencapai rekor tahun ini dengan melewati angka dua ratus lima puluh juta.

Bank itu mengatakan para migran di dunia mengirimkan lebih dari 600 triliun dolar AS kepada anggota keluarga mereka di negara asal mereka pada tahun 2015.

Amerika Serikat merupakan sumber pengiriman pembayaran terbesar, disusul oleh Arab Saudi dan Rusia. Sedangkan India, Cina dan Filipina merupakan negara penerima utama dari uang-uang yang dikirimkan.

Walaupun rute dari Meksiko ke Amerika Serikat masih merupakan koridor migrasi terbesar di dunia dengan adanya 13 juta migran, ada dua rute besar lainnya yaitu antara Rusia dan Ukraina, serta antara Bangladesh dan India.

Laporan ini dikeluarkan sehari setelah badan pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan bahwa jumlah orang yang dipaksa untuk berpindah tempat di dunia tahun ini, baik sebagai pengungsi, berpindah tempat secara internal maupun pencari suaka yang melarikan diri dari konflik dan persekusi, melampaui enam puluh juta atau angka tertinggi sejak Perang Dunia Kedua. (Sumber: BBC Indonesia)

Editor: Dardani