Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemkab Lingga Sosialisasikan IKU ke SKPD
Oleh : ardi/juhari/ sn
Jum'at | 29-07-2011 | 09:21 WIB
z_LINGGA_29.jpg Honda-Batam

Acara Sosialisasi IKU. batamtoday/ juhari

LINGGA, batamtoday - Penetapan Indikator Kinerja Utama (IKU) Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) di lingkungan pemerintahan Kabupaten Lingga mulai jadi perhatian dan prioritas utama dari pemerintah kabupaten (Pemkab) Lingga. Hal ini diimplementasikan dengan mengadakan sosialisasi penetapan IKU kepada seluruh Eselon III dan IV.

Bupati Lingga H Daria melalui Wakilnya Abu Hasim menyampaikan, kinerja atau performance menjadi isu dunia saat ini. Hal tersebut terjadi sebagai konsekuensi tuntutan masyarakat terhadap kebutuhan akan pelayanan prima atau pelayanan bermutu tinggi.

Abu Hasim mengharapkan, melalui kinerjanya SKPD dapat menunjukkan kontribusi profesional secara nyata dalam meningkatkan mutu pelayanan publik secara umum, yang pada akhirnya bermuara pada kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Panitia pelaksana kegiatan Alwan mengatakan, sosialisasi tersebut dilakukan dalam rangka pengukuran dan peningkatan kinerja serta lebih meningkatkan akuntabilitas kinerja setiap instansi. Untuk itu perlu menetapkan indikator kinerja utama di lingkungan instansi masing-masing.

Sosialisasi merupakan gambaran pencapaian sasaran ataupun tujuan instansi pemerintah sebagai penjabaran dari visi, misi, dan strategi yang mengindikasikan tingkat keberhasilan dan kegagalan. IKU dapat diartikan sebagai ukuran atau indikator yang akan memberikan informasi sejauh mana kita telah berhasil mewujudkan sasaran strategis yang telah kita tetapkan.

“Pemilihan dan indikator kinerja utama harus memenuhi karakteristik indikator kinerja yang baik dan cukup memadai, mampu merumuskan dan menetapkan Indikator kinerja utama guna pengukuran kinerja setiap satuan/ organisasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lingga,” kata Alwan, dalam acara sosialisasi IKU di Gedung Nasional Dabo Singkep, Kamis 28 Juli 2011.