Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pembacok Dames Akhirnya Diringkus Polisi Tanjungpinang
Oleh : Charles Sitompul
Jum'at | 30-10-2015 | 16:46 WIB
ekspose-dames.jpg Honda-Batam
Kapolres Tanjungpinang AKBP Kristian P. Siagian didampingi Kapolsek Tanjungpinang Barat AKP Paten Tarigan menunjukkan barang bukti parang yang digunakan Ibam menebas Dames, (Foto: Charles Siompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Satuan Reskrim Polsek Tanjungpinang Timur, akhirnya membekuk M. Bramanda Gustar alias Ibam (32), pelaku pembacokan Dames di depan Hotel Panorama, Jalan Agus Salim Tanjungpinang.

Polisi yang dibantu keluarga Ibam, membekuk pria itu di rumah mertuanya, Wacopek, Bintan Timur pada Kamis (29/10/2915) malam.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Kristian P. Siagian didampingi Kapolsek Tanjungpinang Barat AKP Paten Tarigan, mengatakantersangka dapat dibekuk setelah sebelumnya sempat melarikan diri. 

Sedangkan motif dan penyebab pelaku melakukan pembacokan, dari keterangan pelaku dan penyelelidikan polisi, murni disebabkan ketersinggungan akibat mabuk minuman keras,

"Korban dan pelaku salaing kenal. Awalnya, sama-sama minum-minuman keras, karena salah paham dan saling pandang, pelaku merasa tersinggung, dan langsung mengambil parang ke rumah, dan mendatangi korban. Saat itu, pelaku langsung melakukan pembacokan pada jari korban hingga nyaris putus serta kaki kanan korban," kata Kapolres.

Setelah membacok Dames, Ibam langsung melarikan diri, selama 19 jam, sebelum akhirnya berhasil ditangkap tadi malam sekitar pukul 19.00 WIB. Ibam dijerat dengan pasal 351 ayat 2 KUHP, dengan ancaman 7 tahun penjara.

Selain itu, Polisi juga akan mengenakan tersangka dengan pasal pemberatan, karena membawa senjata tajam (sajam), serta diawali dengan mabuk minuman keras. Baca: Motif Pembacokan Belum Diketahui, Dames Jalani Operasi di RSUD Tanjungpinang

"Dari emosi dan temperamen pelaku yang langsung melakukan pembacokan, kami akan melakukan tes urine, apakah pelaku merupakan juga pengguna narkoba yang juga pengonsumsi minuman keras," kata Kristian mengkahiri.

Sebelumnya, Dames (38) tersungkur setelah dibacok Ib, rekannya sendiri, di depan Hotel Panorama Tanjungpinang, Kamis,(29/10/2015). sekitar pukul 01.00 WIB. Akibatnya, tangan dan kaki Dames robek dan lukanya menganga. Dia juga sempat menjalano operasi di rumah sakit.

Editor: Dodo