Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Komisi Pendidikan DPR Tinjau Kampung Baduy Luar
Oleh : Redaksi
Selasa | 26-07-2011 | 19:27 WIB
Rully.jpg Honda-Batam

Wakil Ketua Komisi IX DPR Rully Chairul Azwar dari Fraksi Partai Golkar

JAKARTA, batamtoday - Komisi X DPR RI pada Reses Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2010-2011 akan melakukan kunjungan ke Provinsi Banten. Salah satu agenda penting yang akan dikunjungi adalah peninjauan ke Perkampungan Suku Baduy Luar.

Komisi yang membidangi Pendidikan, Pemuda dan Olah raga, Kebudayaan dan Pariwisata serta Perpustakaan Nasional ini juga akan meninjau sekolah-sekolah di Kabupaten Pandeglang. Selain juga akan mengadakan pertemuan dengan Kepala Dinas Pendidikan, Provinsi Banten dan Rektor Universitas Tirtayasa.

Kunjungan yang berlangsung selama tiga hari ini akan dipimpin Wakil Ketua Komisi X Rully Chairul Azwar (Fraksi Partai Golkar) dan diikuti 14 orang anggota Komisi X lainnya.

Selain ke Provinsi Banten, Komisi X DPR menurunkan dua tim lainnya yaitu ke Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dipimpin Wakil Ketua Komisi X Utut Adianto (F-PDIP) dan Provinsi Nusa Tenggara Barat dipimpin Ketua Komisi X Mahyuddin (F-PD).

Rully mengatakan, maksud dari kunjungan ini adalah untuk melakukan Komunikasi intensif antara DPR RI khususnya Komisi X DPR RI dengan Pemerintah dan lembaga-lembaga masyarakat di Provinsi Banten berkaitan dengan pelaksanaan pembangunan pendidikan, kebudayaan dan pariwisata, pemuda dan olahraga, dan perpustakaan di lingkungan Provinsi Banten.

Selain itu, Komisi X DPR juga dalam rangka melaksanakan fungsi pengawasan atas pelaksanaan Undang-Undang termasuk APBN serta menggali dan menyerap aspirasi daerah dari unsur Pemerintah Daerah dan mayarakat di Provinsi Banten.

Rully menambahkan, kunjungan rutin setiap masa reses ini juga bertujuan untuk mendapatkan masukan berupa data-data faktual tentang pelaksanaan pembangunan dalam bidang pendidikan, kebudayaan dan pariwisata, pemuda dan olahraga, dan perpustakaan di Provinsi Banten.

Di hari pertama kunjungan, Senin (25/7) Tim Kunker Komisi X akan melakukan peninjauan Kesultanan Banten, dilanjutkan malam harinya mengadakan pertemuan dengan Gubernur Banten, Muspida, Pimpinan DPRD, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip, dan instansi terkait lainnya.

Hari ke dua kunjungan, Selasa (26/7), Tim Komisi X akan meninjau sekolah-sekolah SD, SMP, SMA, SMK dan Perpustakaan Daerah di Kabupaten Pandeglang. Siang harinya, akan mengadakan pertemuan dengan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Banten dan Kadis Pendidikan Kabupaten/Kota se Provinsi Banten, Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip, LPMP, Dewan Pendidikan dan PGRI.

Malam harinya, Tim akan mengadakan pertemuan dengan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Association of the Indonesia Tours and Travel Agencies (ASITA), PUTERI, dilanjutkan dengan pertemuan dengan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Konida, Pengda, KNPI, serta Organisasi Kepemudaan dan instansi terkait lainnya.

Puncak kunjungan Tim Komisi X DPR (hari terakhir) akan meninjau ke Perkampungan Suku Baduy luar dan siang harinya mengadakan pertemuan dengan Rektor Universitas Tirtayasa, Kopertis IV, APTISI, Perguruan Tinggi Swasta dan dilanjutkan dengan peninjauan Kampus Universitas Tirtayasa.