Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mengaku Aparat untuk Pikat Wanita, Polisi Bodong Dibekuk Polisi Asli
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 13-10-2015 | 17:44 WIB
polbod-ypoi.jpg Honda-Batam
Yopi saat diamankan di Kapolresta Barelang. (Sumber foto : facebook)

BATAMTODAY.COM, Batam - Yopi Enggar Gutawa, pria yang tinggal di kawasan Legenda Malaka, diciduk jajaran Sat Sabhara Polresta Barelang di rumahnya, Senin (12/19/2015) malam. Pasalnya pria 23 tahun ini mengaku sebagai anggota polisi angkatan 2013 yang bertugas di Sat Sabhara Polresta Barelang, dan telah melakukan penipuan serta penggelapan.

Kasat Sabhara Polresta Barelang, Kompol Faisal Syahroni, saat dikonfirmasi pada Selasa (13/10/2015), mengatakan penangkapan Yopi berawal dari laporan yang ada di media sosial. Kemudian dikroscek dan tidak ada namanya terdaftar sebagai anggota Sabhara.

"Yang memposting pertama kali seorang perempuan bernama Kiki Aprilya. Ia telah ditipu yang bersangkutan," kata Faisal.

Dijelaskan Faisal, Kiki merupakan pacar Yopi. Pengakuan menjadi anggota polisi itu ia katakan kepada Kiki untuk memikat hatinya. Setelah mereka jadian, Yopi mulai menggerogoti harta Kiki.

Keterangan Kiki pada polisi, Yopi meminta tolong agar Kiki mengkreditkan sepeda motor dengan DP dibayar oleh Kiki. Dengan alasan, polisi tidak boleh mengkredit kendaraan. Karena percaya dan mereka sudah pacaran, Kiki mau membantu mengambilkan sepeda motor tersebut.

"Setelah motor diambil, ternyata angsuran tiap bulannya tidak dibayar yang bersangkutan, sehingga perempuan ini dikejar-kejar perusahaan pembiayaan," lanjut Faisal.

Kemudian Kiki berusaha menghubungi Yopi, meminta agar motor dibayar. Namun Yopi malah selalu mengelak dan mengatakan nanti akan dia bayar. Kecurigaan Kiki apakah Yopi benar polisi mulai timbul.

"Wanita ini mencoba mencari tahu apakah benar Yopi anggota polisi, dan akhirnya ia mengetahui telah ditipu," lanjutnya lagi.

Anggota Sat Sabhara mencoba memancing yang bersangkutan keluar melalui Kiki. Setelah dilakukan pengintaian selama dua hari di Pelita, tempat ia sering beli makanan, tapi tidak kunjung tampak. Akhirnya kiki mencoba menghubungi dengan alasan mau datang ke rumahnya.

"Yang bersangkutan terpancing dan memberikan alamatnya. Anggota langsung bergerak ke alamat tersebut dan mendapati Yopi tengah duduk di depan rumah. Ia langsung diamankan dan dibawa ke Mapolresta Barelang, sekitar pukul 22.00 WIB," jelas Faisal.

Untuk selanjutnya, kasus polisi bodong tersebut dilimpahkan ke Sat Reskrim Polresta Barelang untuk proses selanjutnya. "Laporan yang dibuat, terkait penipuan dan penggelapan. Selain itu, ia juga dilaporkan karena menyalahgunakan atribut penegak hukum. Sekarang sedang dalam penyidikan Reksrim apakah ada korban lain, selain Kiki," tambah Faisal.

Sementara pantauan di media sosial, Yopi juga sempat berfoto bersama seorang wanita dengan mengenakan seragam polisi. "Tapi saat diamankan, ia tidak mengenakan seragam. Kalau di fotonya, ada yang mengenakan seragam. Sekarang yang bersangkutan sudah ditahan di tahanan Polresta Barelang," pungkas Faisal.

Editor: Dodo