Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPR Gelar Parlemen Remaja
Oleh : Surya Irawan
Senin | 25-07-2011 | 13:48 WIB

JAKARTA, batamtoday - DPR RI akan menyelenggarakan Parlemen Remaja 2011 yang direncanakan mengundang Pelajar terbaik se-Indonesia sebanyak 132 orang pada tanggal 23 - 25 Juli mendatang.

 "Parlemen Remaja tahun ini diselenggarakan dengan tema “Your Parliament: Working for You, Accountable to You” dan mengangkat topik: “Pembahasan RUU Keterbukaan Informasi Publik”, “Kebijakan Anggaran Pendidikan Nasional” serta “Pengawasan Pelaksanaan Ujian Nasional” sebagai tema simulasi Parlemen Remaja 2011,"jelas Kepala Biro Humas Pemberitaan DPR Helmizar selaku Penyelenggara Parlemen Remaja 2011, di Gedung DPR, Kemarin.

Menurutnya, Kegiatan Parlemen Remaja 2011 diselenggarakan berdasarkan Universal Declaration on Democracy yang menekankan pentingnya pemberian pemahaman pendidikan politik dan demokrasi, bagi generasi muda khususnya.

"Parlemen Remaja 2011 adalah Kegiatan Parlemen Remaja yang keempat kalinya diselenggarakan oleh Sekretariat Jenderal DPR RI,"paparnya.

Adapun Pelaksanaan Kegiatan Parlemen Remaja 2011 dibagi ke dalam dua sesi, yakni Sesi Orientasi yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, 23 - 24 Juli 2011 bertempat di Wisma DPR RI, Griya Sabha, Kopo - Bogor. Sementara untuk  Sesi Simulasi  akan dilaksanakan pada hari Senin, 25 Juli 2011 bertempat di Gedung Nusantara DPR RI. Setelah melewati serangkaian kegiatan tersebut, lanjut Helmi, para peserta akan menutup rangkaian acara Parlemen Remaja 2011 dengan mengadakan konferensi pers.

Pada acara kali ini, Panitia Parlemen Remaja 2011  mengundang serta  Pimpinan BURT DPR RI, Anggota Komisi I DPR RI, Anggota Komisi X DPR RI, Sekretaris Jenderal DPR RI, serta Deputi Bidang Persidangan dan Kerjasama Antar Parlemen Sekretariat Jenderal DPR RI untuk hadir sebagai narasumber dalam Kegiatan Parlemen Remaja 2011.

"Panitia Parlemen Remaja 2011 juga telah melakukan dan menyelenggarakan segala sesuatu yang berkaitan dengan teknis pelaksanaannya,"katanya.

Dia mengharapkan, Kegiatan ini dapat mengenalkan kepada generasi muda, Tugas, Fungsi dan Peran DPR RI dalam Perwujudan Demokrasi di negara kita yang tercinta ini, Indonesia.

Angkatan Parlemen Remaja 2011 kali ini, masing-masing peserta diwajibkan memberikan  kenang-kenangan berupa tulisan tentang DPR RI dan tulisan tersebut akan disusun dan dibukukan menjadi buku kenangan mengenai Parlemen Remaja.