Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pelaku IKM di Lingga Targetkan Raih Upakarti
Oleh : Ardi/Widodo
Sabtu | 23-07-2011 | 14:09 WIB
upakarti.jpg Honda-Batam

Piala Upakarti. (Foto: Istimewa)

LINGGA, batamtoday - Para pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Lingga menargetkan meraih penghargaan Upakarti untuk tahun 2012 mendatang.

Untuk meraih target tersebut, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Lingga bekerjasama dengan Direktorat Industri Kecil dan Menegah Kementerian Perindustrian dan Perdagangan RI memberikan pembekalan terpadu dan sosialisasi pengembangan kelompok usaha untuk mendapat penghargaan tersebut beberapa waktu lalu.

"Pembekalan dan sosialisasi penghargaan upakarti tersebut diikuti oleh semua pelaku usaha di lima kecamatan yang diwakili masing-masing lima peserta setiap IKM," kata Zainal, Kepala Bidang Eelektornika dan Logam Disperindagkop Kabupaten Lingga kepada batamtoday.

Zainal mengatakan kriteria penilaian untuk meraih Upakarti mereka yang telah berjasa mengembangkan IKM minimal 3 tahun berturut-turut, telah memberikan perhatian dan gagasan untuk mengembangkan IKM serta telah memberikan fasilitas permodalan teknologi, pemasaran, bimbingan dan pengalihan keterampilan.

Sementara itu, Musa dari Kementerian Perindustrian dan Perdagangan menyebutkan untuk meraih Upakarti kelompok IKM harus memperhatikan kualitas produksi yang dihasilkan, menyangkut isi, kemasan dan legalitas produk.

Musa juga membeberkan penerima Upakarti dibagi menjadi beberapa kategori yakni jasa pengabdian, jasa pelestarian dan jasa kepeloporan.

"Masing kategori memiliki kriteria penilaian yang berbeda," kata Musa.

Manurung, salah seorang peserta sosialisasi dari Singkep Barat menyambut baik digelarnya acara ini. Menurutnya, meski situasi perekonomian saat dalam kondisi sulit, adanya sosialisasi itu membuat dirinya lebih bersemangat untuk mengembangkan usahanya.

Penghargaan Upakarti merupakan penghargaan tertinggi pemerintah kepada perusahaan dan individu yang memiliki peran dan jasa dalam pengembangan bidang industri.