Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rekrut Calon Terroris, Al Qaidah Luncurkan Film Animasi
Oleh : Magid
Jum'at | 22-07-2011 | 16:45 WIB

LONDON, batamtoday - Sebuah film animasi saat ini sedang digarap para pendukung Alqaidah. Sejak beberapa waktu lalu, film tersebut dipublikasikan di situs jihad berbahasa Arab, Al Shamouk.Konon film animasi itu dibuat bertujuan untuk mengilhami anak-anak agar ikut dalam perjuangan bersenjata dengan kelompok militan Alqaidah.

Menurut sebuah lembaga kontra terrorisme, Quilliam, posting informasi tentang film animasi itu ditulis seseorang yang menyebut diri Abu Al-Laith Al-Yemen. Penulis posting mengatakan film kartun Alqaidah di Jazirah Arabia adalah kisah yang sangat menarik yang menuturkan fakta-fakta tentang siapa yang merendahkan agama Islam dan Nabi.

Lembaga tersebut mengatakan film animasi itu memperlihatkan ''tindakan-tindakan heroik'' termasuk ''kontak senjata''. Namun, seorang penasihat pemerintah Amerika Serikat untuk urusan kontra-terorisme menyatakan ragu jikaa film kartun semacam itu benar-benar dibuat oleh pendukung Alqaidah.

"Foto-foto yang dipenggal dari film animasi yang sedang digarap oleh pendukung Alqaidah ini diterbitkan di situs jihad berbahasa Arab, Al-Shamouk," lapor Quilliam, sebuah lembaga ''kontra-ektrimisme'' yang berbasis di London, sebagaimana dicuplik batamtoday dari BBC, Jum'at, 22 Juli 2011.

Pengirim posting juga menyertakan empat gambar yang tampaknya diambil dari film yang dia katakan memasuki tahap akhir pembuatan dan meminta pengunjung situs internet agar memberikan tanggapan.

''Terlepas dari apakah film ini benar-benar akan muncul atau tidak, ini memperlihatkan perkembangan signifikan dalam sikap Alqaidah terhadap media dan rekrutmen,'' kata Benotman, seorang mantan penganut faham jihad dan kini bekerja sebagai analis di Quilliam.

''Mereka mencoba metode-metode baru untuk membuat terorisme menarik bagi pemuda dan bahkan anak-anak. Namun rencana itu ''mungkin justru merugikan'' bagi Alqaidah," tambah Benotman.