Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ribuan Keluarga Miskin Tanjungpinang Terima Raskin
Oleh : Charles / Magid
Kamis | 21-07-2011 | 12:48 WIB
beras-bulog.jpg Honda-Batam

Stok beras bulog

TANJUNGPINANG, batamtoday - Badan Urusan Logistik (Bulog) Kota Tanjungpinang kembali mendistribusikan beras miskin (Raskin). Dari 4 empat kecamatan dan 8 kelurahan yang ada di Kota Tanjungpinang, setidaknya sebanyak 9361 Kepala Keluarga (KK) miskin telah terdata sebagai penerima program raskin.

Hal itu disampaikan Kepala Divisi Regional (Divre) Bulog Tanjungpinang, Zulfadli Daud, saat ditemui batamtoday di kantornya, Kamis, 21 Juli 2011.

"Total 9361 KK miskin yang terdata sebagai penerima raskin, 5865 diantaranya penerima raskin yang bersumber dari program pusat, sisanya adalah penerima raskin hasil subsidi dari APBD Kota Tanjungpinang," ujarnya.

Dijelaskan Zulfadli, selama ini penerima raskin di Tanjungpinang memang dibagi dua kelompok. Raskin yang berasal dari pusat, dan raskin yang dibiayai anggaran daerah. Alokasi yang diterima pun berbeda.

"Kalau raskin dari daerah kita distribusikan dua bulan sekali, kalau dari pusat setiap bulan kita distribusikan. Tehnis pendistribusianya kita serahkan lansung ke masing-masing kelurahan," jelasnya.

Dari data yang berhasil dihimpun batamtoday, total raskin yang didistribusikan mencapai 87,9 ton untuk alokasi nasional, sedangkan subsidi daerah mencapai 52,4 ton, dengan asumsi masing-masing kepala keluarga menerima 15 kilo gram.