Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jadi Ajang Kampanye Terselubung

Gerak Jalan 8 Km HUT RI ke-66 Sarat Muatan Politis
Oleh : Charles/Dodo
Rabu | 20-07-2011 | 09:45 WIB
Salah_satu_Grup_peserta_Lomba_Gerak_Jalan_8_Km_yang_menggunakan_Photo_Husnizar_Hood.JPG Honda-Batam

Salah satu Grup peserta Lomba Gerak Jalan 8 Km dengan peserta anak-anak dan bajunya menggunakan foto Husnizar Hood.

TANJUNGPINANG, batamtoday - Lomba gerak jalan 8 Km memperingati HUT RI ke-66 di Kota Tanjungpinang yang diikuti 281 tim, Rabu, 20 Juli 2011, sarat dengan muatan politis yakni kampanye calon Wali Kota Tanjungpinang, yang perhelatan pemilihannya akan dilaksanakan pada 2012 mendatang.

Hal itu terlihat dari sejumlah peserta yang mengikuti gerak jalan, ada beberapa peserta yang diduga disponsori sejumlah calon yang secara terang-terangan menampilkan gambar dan lambang partai politik pada baju maupun topi serta asesoris yang digunakan.

Sebagai contoh, terdapat sebuah regu gerak jalan anak-anak, yang menggunakan baju bergambar Husnizar Hood. Kendati tidak jelas apa maksud dan tujuan pemasangan gambar, namun sejumlah warga Tanjungpinang, mengatakan, kalau  gambar tersebut merupakan bentuk kampanye terselubung calon Wali Kota Tanjungpinang.

"Sudah tahu, gambar itu sengaja untuk mengampanyekan dirinya sebagai  calon wali kota 2012 nanti," celetuk seorang warga yang sedang asyik menonton gerak jalan ini, di bilangan jalan Wiratno.

Hal yang sama juga terlihat dilakukan PDI Perjuangan Kota Tanjungpinang. Bahkan, partai berlambang kepala banteng bermoncong puti ini, dengan jelas menggunakan baju bermotif merah dan hitam, yang dibarengi dengan logo PDI Perjuangan lengkap dengan topi-nya, pada beberapa tim peserta gerak jalan.

Ketua Pelaksana Gerak Jalan HUT-RI ke 66 Kota Tanjungpinang, Raja Edi mengatakan untuk peserta gerak jalan 8 Km ini diikuti peserta sebanyak 281 tim, yang terdiri dari semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa dan umum.

"Rute yang dilalui start dan finish tetap berada di Melayu Square Tepi laut Tanjungpnang, terus melalui jalan H.Agus Salim, Sulaiman Abdullah, hingga ke jalan Basuki Rahmat, dan belok ke Engku Putri, menuju jalan Ir.Sutami untk kembali ke garis Finish di tepi laut," ujarnya.

Panitia juga menurunkan ratusan  orang juri untuk menilai ketepatan waktu, kerapian dan keutuhan tim gerak jalan.