Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

4.501 Pasangan Kawin Massal, Pecahkan Rekor Dunia
Oleh : sn
Selasa | 19-07-2011 | 14:55 WIB

JAKARTA, batamtoday - Perkawinan massal yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, mendapatkan perhatian dunia. Pantas saja, sebab jumlah pasangan yang menikah mencapai 4.501.

Sebuah lembaga pencatat rekor dari Inggris, Royal World Record, hadir dalam acara tersebut, sekaligus memberikan apresiasi atas kerukunan antar-agama dan etnis dalam sebuah perayaan pernikahan.

"Ini yang terbesar di dunia, kami sangat senang negara ini dengan multiagama bisa rukun dalam sebuah perayaan. Kesannya adalah bahwa perdamaian dan cinta bisa terus dikembangkan dalam kehidupan bernegara, dan ini bisa menjadi contoh bagi negara lain. Karena itu, kami dari Royal World Record menilai acara ini telah memecahkan rekor," kata Guardian Royal World Record, Ron Muller, saat memberikan sambutan, Selasa, 19 Juli 2011.

Kemudian, Ron Muller menyerahkan sebuah plakat pada Ketua DPD Irman Gusman selaku perwakilan penyelenggara acara itu. Di plakat tersebut, Royal World Record mencatat acara tersebut sebagai rekor dunia acara perkawinan massal dengan peserta terbanyak, yakni 4.501 pasangan.

Ribuan pasangan kurang mampu itu duduk di tribun Istora. Mereka berasal dari berbagai suku, agama dan etnis. Penampilan mereka berwarna warni: ada yang memakai baju daerah hingga kebaya khas Indonesia. Pasangan termuda berusia 16 tahun, pasangan tertua berumur 86 tahun.