Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penipuan Melalui SMS dan Telepon, Polisi Imbau Masyarakat Jangan Mudah Percaya
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 25-08-2015 | 15:10 WIB
penipuan-via-ponsel.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Tindak kejahatan berupa penipuan melalui ponsel dengan mengaku sebagai pejabat atau aparat kembali marak di Batam. Beragam SMS maupun menelepon korban dilakukan para pelaku.

Seperti yang dialami salah seorang warga Batam berinisial Fr, Senin (24/8/2015) kemarin. Pengakuannya, ia mendapat SMS dari nomor tidak dikenal yang mengaku sebagai salah satu perwira di lingkungan Polresta Barelang.

Kemudian pelaku menelepon korban dan meminta agar membelikan tiket pesawat untuk keberangkatan anggotanya melakukan penyelidikan ke Jakarta. Sebelumnya ia juga mendapat telepon bahwa saudaranya ditangkap dan meminta tebusan berupa uang dengan nominal cukup besar.

"Awalnya saya sempat percaya, tapi saya mencoba mengecek kebenaran terlebih dahulu. Ternyata semua itu tidak benar," ucapnya pada BATAMTODAY.COM.

Sementara Kasat Reskrim Polresta Barelang, Kompol Yoga Buanadipta Ilafi, mengimbau warga masyarakat agar tidak mudah percaya jika mendapat SMS atau telepon serupa dan langsung melaporkan pada kepolisian.

"Lebih cepat dilaporkan lebih baik, agar kita bisa melacak dan memancing pelaku untuk ditangkap. Intinya saya sangat mengimbau masyarakat jangan mudah percaya. Periksa terlebih dahulu," pungkasnya.

Editor: Dodo