Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pelaku Pecah Kaca Mobil di BCS dan Harapan Utama Teridentifikasi Residivis
Oleh : Romi Chandra
Jum'at | 21-08-2015 | 16:12 WIB
kombes-asep-safrudin.jpg Honda-Batam
Kapolresta Barelang, Komisaris Besar Asep Safrudin.

BATAMTODAY.COM, Batam - Pelaku pencurian dengam memecahkan kaca mobil yang terjadi di BCS Mall dan di Sekolah Harapan Utama sudah teridentifikasi. Hasil penyelidikan yang dilakukan polisi, pelaku merupakan seorang residivis dengan kasus yang sama.

Kapolresta Barelang, Komisaris Besar Asep Safrudin, mengatakan, aksi pelaku di pelataran parkir BCS Mall terekam jelas di CCTv, sehingga dapat diketahui siapa pelakunya.

"Pelaku residivis dan ditangkap waktu saya baru menjabat disini. Setelah keluar, ternyata kembali melakukan kejahatan lagi. Sekarang anggota masih di lapangan," kata Asep, Jumat (21/8/2015).

Dijelaskan Asep, kejadian di dua lokasi tersebut memiliki kemiripan, sehingga pelaku diduga sama. "Keterangan yang kita dapat, ciri-ciri pelaku di dua lokasi sama," lanjutnya.

Ia juga mengimbau pada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan. "Pelaku bisa melakukan kejahatan karena ada kesempatan. Karena itu, jika membawa uang atau berharga agar lebih berhati-hati. Jika perlu minta bantuan polisi. Kita juga sudah menempatkan anggota di setiap bank untuk memantau gerak-gerik yang mencurigakan," pungkasnya.

Seperti berita sebelumnya, aksi pencurian dengan modus pecah kaca mobil secara terang-terangan terjadi di dalam kawasan BCS Mall. Bahkan kejadian juga terekam CCTv mall, Rabu (19/8/2015) lalu sekitar pukul 15.00 WIB.

Sesuai rekaman CCTv yang sudah beredar di internet, kejadian tersebut menjadi tontonan singkat para pengunjung lainnya. Bahkan terlihat pengunjung dengan santai melewati lokasi kejadian.

Korban sendiri mengendarai mobil putih yang rencana akan diparkirkan di dekat ATM. Sementara pelaku yang terdiri dari dua orang mengendarai sepeda motor sebelumnya sudah datang dan memantau lokasi.

Belum terungkap kasus tersebut, kejadian yang sama terulang kembali. Kali ini, pelaku nekat memecah kaca mobil Nissan X-Trail hitam BP 1899 VI di dalam kawasan Sekolah Harapan Utama, Kamis (20/8/2015) sore, sekitar pukul 15.30 WIB.

Hanya berselang beberapa menit ditinggal pemilik mobil untuk menjemput anaknya, pelaku berhasil membawa kabur tas korban berisikan uang $1800 Singapura dan uang rupiah belum diketahui jumlahnya. Selain itu, satu unit ponsel juga berhasil dibawa pelaku.

Editor: Dodo