Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dijanjikan Kerja di PT KSN, Ratusan Pencari Kerja di Batam Tertipu
Oleh : Irwan Hirzal
Jum'at | 21-08-2015 | 08:29 WIB
pencaker lapor.jpg Honda-Batam
Sejumlah pencari kerja yang menjadi korban penipuan saat melapor ke Polsek Sekupang. (Foto: Irwan Hirzal/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Seorang warga Tiban Kampung, Batam, ditangkap polisi karena telah melakukan aksi penipuan terhadap ratusan calon tenaga kerja. Pelaku dilaporkan oleh sejumlah pencari kerja yang dijanjikan bekerja di PT KSN di Tunas, Batam Center.

Kapolsek Sekupang, Kompol Rimsyahono, membenarkan penangkapan pelaku penipuan tersebut. Dia menjelaskan, pelaku mengiming-imingi calon korbannya bisa diterima bekerja di PT KSN.
"Janjinya, para korban akan dipekerjakan di PT KSN dengan iming-iming akan segera masuk dengan jabatan yang enak meskipun sudah melewati batas usia," kata Rimsyahtono.

Pelaku meminta sejumlah uang kepada para korbannya dengan nilai yang bervariasi sesuai jabatan yang diinginkan. Misalnya, agar diterima sebagai pegawai keamanan, korban diminta membayar Rp800 ribu. Sementara leader Rp500 ribu dan cleaning service Rp350 ribu per orang.

"Harganya beda-beda. Untuk memuluskan para korban yang rata-rata dari kampung Agas, Sekupang. Pelaku juga melakukan tes tertulis di Tiban Impian," katanya.

Agar korbannya tak curiga saat transaksi, pelaku menyertakan kuitansi serta meterai Rp6.000. 

"Saya percaya saja, karena dia datang langsung ke rumah dan membawa kuitansi dan pakai meterai juga. Jadi saya bayar saja," kata seorang korban yang menolak menyebutkan namanya saat membuat laporan. (*)

Editor: Roelan