Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dua Kapal Nelayan Vietnam Ditangkap Patroli Polair Mabes Polri
Oleh : Nursali
Rabu | 19-08-2015 | 20:28 WIB
kapal-vietnam.jpg Honda-Batam
Salah satu kapal nelayan Vietnam yang ditangkap patroli Mabes Polri di perairan Tarempa.

BATAMTODAY.COM, Tarempa -  Dua kapal nelayan Vietnam, ditangkap kapal patroli KP Bisma-8001 milik Ditpolair Baharkam Mabes Polri saat melakukan pencurian ikan di perairan Indonesia, tepatnya 60 mil utara Tarempa pada Sabtu (15/8/2015) lalu.

Komandan KP Bisma-8001 Ditpolair Baharkam Mabes Polri, AKBP Sigit N Hidayat mengatakan penangkapan kedua kapal tersebut berdasarkan informasi yang disampaikan oleh nelayan lokal. 

"Kita respons laporan tersebut dan ternyata benar dan langsung melakukan penangkapan ikan secara ilegal," kata Sigit di pelabuhan perikanan Antang, Tarempa Timur Kecamatan Siantan, Rabu (19/8/2015).

Saat akan ditangkap, kata Sigit, kedua kapal tersebut mencoba lari ke arah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) namun dapat digagalkan. "Tak ada perlawanan saat mereka kami tangkap," kata Sigit lagi.

Adapun kapal dengan nama BD 96149 TS dengan nama Kapten Fhan Xuan Dhin, dan BD 97106TS dengan  kapten Vo Van diamankan beserta 24 anak buah kapal (ABK). Ditpolair juga mengamankan barang bukti 4 ton ikan yang diperkirakan hasil tangkapan di wilayah perairan Kabupaten Kepulauan Anambas.

Saat beraksi, kapal Vietnam ini mencoba mengelabui patroli Polair dengan memasang bendera Merah Putih. Namun aksi itu dapat mudah diketahui lantaran bentuk kapal nelayan Vietnam sangat berbeda dengan nelayan lokal.

"Setelah kita amankan langsung dilakukan pemeriksaan. Kedua kapal ikan itu menggunakan bendera Indonesia namun tidak dilengkapi dokumen yang sah (SIPI dan SIUP)," katanya.

Untuk proses hukum lebih lanjut kedua kapal itu bersama ABK dan barang bukti diserahkan kepada PSDKP Tarempa.

Editor: Dodo